Banjarbaru (Antaranews, Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani mencanangkan Rumah Data Kependudukan (Dataku) yang dipusatkan di kampung KB Pumpung Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Banjarbaru.
    
Pencanangan rumah dataku, Selasa disaksikan Inspektur Utama BKKBN Pusat Agus Sukiswo AK MM, Kepala BKKBN Kalsel Ina Agustina MPH, Kepala Dinas Dalduk KB PMP dan PA Banjarbaru Puspa Kencana.
    
"Pencanangan rumah dataku merupakan kelanjutan dari program Kampung KB dan pembangunannya dilakukan untuk meningkatkan tata kelola data, terutama di level mikro," ujar Ketua TP PKK.
    
Ia mengatakan, program Keluarga Berencana merupakan program dari pemerintah yang dilaksanakan untuk mengendalikan/mengontrol jumlah penduduk dan tiap keluarga diminta hanya memiliki dua anak.
    
"Tujuannya agar pertambahan jumlah penduduk dapat dipantau dengan mudah dan kampung KB merupakan inovasi strategis untuk mengimplementasikan program pembangunan," ungkapnya.
    
Dijelaskan, pendataan siapa saja yang mengikuti program KB pada setiap wilayah memerlukan data sehingga dibuat rumah dataku agar data Keluarga Berencana (KB) dapat terdata dengan baik.
    
"Rumah dataku merupakan model solusi strategis dalam penanganan permasalahan kependudukan di Kampung KB, tidak menggunakan asumsi, melainkan memakai data yang akurat," ucapnya.
    
Dikatakan, melalui rumah dataku petugas lebih mudah melakukan perencanaan program, meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh masyarakat untuk meningkatkan data kependudukan.
    
Selain itu, rumah dataku sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat sadar data sehingga mampu memajukan diri, keluarga dan lingkungan menjadi mandiri dan sejahtera.
    
"Keberadaan rumah dataku diharapkan dapat mendukung kader pengurus lembaga pengelolaan data kependudukan untuk melakukan intervensi program di Kampung KB," katanya. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018