Banjarbaru (Antaranews, Kalsel) - Realisasi pendapatan pajak daerah yang berhasil dihimpun Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Banjarbaru hingga pertengahan November 2018 mencapai 93,55 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Banjarbaru Rustam Effendi di Kota Banjarbaru, Kamis mengatakan, pihaknya optimistis target pajak tercapai hingga akhir tahun.

 "Kami optimistis tercapai karena masih ada waktu dua bulan lagi untuk mengejar target pajak yang ditetapkan," ujarnya yang didampingi Kabid Pajak dan Retribusi Rokhyat Riyadi.

Menurut Rokhyat, target pendapatan pajak daerah ditetapkan sebesar Rp107,6 miliar dan hingga tanggal 14 November 2018 sudah terealisasi sebesar Rp100,7 miliar atau 93,55 persen.

 Disebutkan, tiga besar penyumbang pajak daerah yang realisasinya sudah diatas 100 persen yakni pajak reklame dengan target Rp2 miliar terealisasi sebesar Rp2,7 miliar atau 137,68 persen.

"Peringkat kedua yakni pajak restoran dari target Rp18,6 miliar sudah tercapai Rp21,01 miliar dan pajak parkir sudah terealisasi 94,28 persen dari target sebesar Rp4,92 miliar," ucapnya.
 
Dikatakan, realisasi pendapatan itu berasal dari 9 jenis pajak daerah yang dikelola BP2RD dan ditarik dari wajib pajak perorangan maupun badan usaha di kota setempat.

"Kami melakukan jemput bola dengan mendatangi setiap tempat yang menjadi potensi pajak, dan mengimbau pemilik maupun pengelolanya untuk memenuhi kewajiban membayar pajak," ujarnya.
 
Ditambahkan, sistem jemput bola yang dilakukan juga diimbangi dengan pendataan setiap potensi pajak dibantu petugas Unit Pelaksana Teknis dengan jumlah pegawai sebanyak 14 orang.

"Meski pun jumlah petugas terbatas dan melakukan semua pekerjaan mulai mendatangi lokasi objek pajak, mendata hingga proses lainnya tetapi semuanya tetap lancar dan tercapai," kata dia.

Ditekankan, waktu yang tersisa dua bulan ke depan akan dimaksimalkan agar realisasi pendapatan melalui sektor pajak daerah bisa tercapai bahkan melampaui target yang ditetapkan.

  "Kami berupaya memaksimalkan dua bulan waktu tersisa untuk merealisasikan pendapatan sesuai target. Namun kami optimistis targetnya bisa tercapai bahkan terlampaui," katanya. Yose Rizal

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018