Barabai, (Antaranews Kalsel) - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 Kodim 1002 Barabai yang berlangsung dari tanggal 15 Oktober-13 Nopember di Desa Awang Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel kahirnya sukses dan rampung 100 persen.

Kegiatan itu ditutup secara resmi oleh Wakil Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut ( P ) Wijayanto di lapangan sepak bola Desa Ilung, Selasa (13/11/2018).

Kolonel Laut ( P ) Wijayanto yang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran TMMD ke-103.

"Satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat secara nasional telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembukaan 52 Km lebih jalan baru serta peningkatan badan jalan sepanjang 326 Km," katanya.

Selain itu juga pembangunan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat.

Dia berpesan kepada masyarakat untuk memelihara hasil-hasil program TMMD ke-103 dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga.

Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rakhman Zein saat diwawancarai juga menyampaikan ada beberapa pembangunan fisik TMMD yang sudah selesai di Desa Awang yaitu pembangunan jalan sepanjang 2,1 Km, rehab rumah tidak layak huni sebanyak tiga buah, rehab satu buah mushalla serta kegiatan non fisik yang lainnya.

Plt Bupati HST H A Chairansyah juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Satgas TMMD yang telah melakukan pembangunan di wilayah HST dan sudah dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya warga Desa Awang.

"Kami juga mengapresiasi kepada Dandim 1002 Barabai yang berinisiatif memasukkan program tambahan TMMD dengan melihat kebutuhan warga setempat yang sangat diperlukan yaitu pembangunan mushalla dan menyediakan tempat pemakaman umum," katanya.

Disinggung terkait TMMD tahun berikutnya, Chairansyah mengungkapkan akan membahasnya dulu dengan tim anggaran untuk mengalokasikan.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga, merawat dan memanfaatkan hasil-hasil pembangunan TMMD itu dengan baik," katanya.

Acara juga dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Hasil Program TMMD Ke-103 Tahun 2018 kepada Kepala Daerah dan penyerahan Al Qur'an kepada perwakilan masyarakat Desa Awang, peninjauan baksos dan pengecekan hasil TMMD ke-103 di Desa Awang.

Turut hadir LO Angkatan Laut Kodam VI/MLW Kolonel Laut Daniel Mudji Rahadi, Dandim 1001/Amuntai, Dandim 1008/Tanjung, Dandim 1010/Rantau, Danyon 621/Manuntung, Perwakilan Danlanud Syamsudinnor serta unsur Muspida HST dan para pimpinan BUMN maupun BUMD.
 
Pengecekan hasil pembangunan TMMD di Desa Awang, HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Tiga unit rumah tidak layak huni selesai direnovasi Satgas TMMD
Baca juga: Tim Wasev dari Pusterad Angkatan Darat Kontrol kegiatan TMMD di HST
Baca juga: TMMD ke-103 di HST, bangun jalan sepanjang 2,1 Km
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018