Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, berupaya mendorong peningkatan pelayanan dasar antara lain dengan pembenahan pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Plt Bupati HST H A Chairansyah di Barabai Senin mengatakan, salah satu upaya meningkatkan pelayanan dasar tersebut, dengan berupaya meningkatkan status akreditasi seluruh Puskesmas.

Akreditasi, menjadi salah satu tolak ukur penilaian tingkat pelayanan masing-masing Puskesmas di daerah.

Menurut Chairansyah, setelah dilakukan penilaian oleh tim surveyor Kementerian Republik Indonesia, dari 19 Puskesmas yang ada di HST, ada enam Puskesmas yang berhasil mendapatkan akreditasi.

Puskesmas yang terakreditasi tersebut yaitu, Puskesmas Barabai, Hantakan, Pagat, Pantai Hambawang, Birayang dan Ilung. Sisanya masih pada tahap pembenahan menuju akreditasi.

Dari enam Puskesmas tersebut, hanya Puskesmas Ilung yang terkareditasi dengan kategori Madya.

Jumlah Puskesmas yang mendapatkan akreditasi tersebut, meningkat dibanding tahun seblumnya, yang hanya hanya satu Puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Barabai.

Chairansyah berpesan, semangat dan gerakan dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat khususnya di Puskesmas, hendaknya diberikan setiap hari, bukan hanya pada saat untuk meraih penghargaan saja.

"Karena begitulah seharusnya melayani masyarakat di bidang pelayanan kesehatan," tegasnya.

Dia juga menekankan tentang pentingnya perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, termasuk dalam hal menyadarkan masyarakat akan hal itu.

Sebelumnya, Chairansyah menyerahkan sertifikat akreditasi tersebut, kepada para pimpinan Puskesmas saat apel Gabungan di Halaman Kantor Bupati HST.
 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018