Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Wakil Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Rahmadian Noor memimpin Peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018, di Lapangan 5 Desember Marabahan, Sabtu (10/11).


Peringatan tersebut juga dihadiri Sekdakab Batola H Supriyono, Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya, anggota Forkopimda lainnya atau yang mewakili, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Rahmadian Noor beserta pengurus, para pejabat eselon II, III, IV dan undangan lainnya.

Upacara yang juga diikuti para anggota pramuka, para pelajar SD, SLTP, SLTA atau sederajat, anggota korpri, polisi, dan anggota TNI ini berisi pengibaran bendera merah putih diiringi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila dipimpin Inspektur Upacara H Rahmadian Noor, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Pelda Muhabib dari anggota Kodim 1005 Marabahan dan pembacaan Pesan-Pesan Pahlawan oleh Kapten CAJ Muhtadi Budi Waloyo.

Upacara dimulai sejak sekitar pukul 08.30 Wita tersebut bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Infantri Rudiyanto dan Perwira Upacara Kapten CAB Kusnadi dari Kodim 1005 Marabahan.

Peringatan Hari Pahlawan di Batola dirangkai ziarah ke Taman Makam Pahlawan 5 Desember Marabahan yang berisi peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti diikuti Sekdakab Batola H Supriyono, para forkopimda beserta isteri, para pejabat eselon II, III, dan IV.

Sebelumnya, Wabup Batola H Rahmadian Noor, pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Lapangan 5 Desember Marabahan saat membacakan amanat tertulis Menteri Sosial (Mensos) Agus Gamiwang Kartasasmita menerangkan, Peringatan Hari Pahlawan dan segala rangkaian dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negera di hati sanubari bangsa Indonesia.

Dikatakan, Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari yang dinilai penting tidak bersifat statis namun dinamis.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 Semangat Pahlawan di Dadaku,  menurut menteri, mengandung makna sesuai fitrah dalam diri setiap insan yang tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Oleh karenanya, menurut menteri, siapa pun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar dan lainnya bagi bangsa dan negara.

“Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ajak Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018