Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berartisipasi mengikuti ajang Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) edisi IX yang tahun ini dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) Jalan Raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Dalam expo ini, mahasiswa ULM dari FMIPA dan Fakultas Kehutanan yang lolos dari seleksi yang diadakan oleh Kemenristekdikti berkesempatan menampilkan berbagai macam produk unggulan di bidang jasa, produk, industri kreatif, budidaya serta makanan. 

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa ULM dari FMIPA dan Fakultas Kehutanan dalam Expo KMI tahun ini, sembari berharap civitas akademika ULM terus menggaungkan Program Kewirausahaan sehingga jiwa pengusaha tumbuh sejak di bangku kuliah," kata Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.
Rombongan ULM sendiri dipimpin Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Ir H Abrani Sulaiman yang mengomando mahasiswa di stand untuk menampilkan bermacam produk unggulan yang dihasilkan.

Expo KMI merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha. 

Para mahasiswa tersebut adalah agent of change yang dapat mengubah pola pikir mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. 

Expo KMI bertujuan untuk mengelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan oleh 124 perguruan tinggi di Indonesia yang juga turut berpartisipasi. 
Tujuan lain sebagai forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia.

Sebagai rangkaian kegiatan dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang tahun ini  mengangkat tema Penguatan Wirausaha Mahasiswa Indonesia melalui Techno-Sociopreneurship menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Program ini dilaksanakan sebagai solusi dalam menghadapi technology distruption yang merupakan salah satu perkembangan dan tantangan yang terjadi di dunia kerja saat ini. 
Selain Expo, dalam kegiatan juga dilaksanakan Talk Show Kewirausahaan serta sarasehan untuk mendiskusikan Pembentukan Indonesia Student Entrepreneurship Network, Program Kewirausahaan Nasional, dan Program Magang Kewirausahaan.

Direktur Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin dalam sambutannya menyampaikan bahwa program seperti ini harus terus diselenggarakan untuk terus menumbuhkan semangat wirausaha yang dalam beberapa waktu belakangan ini mulai menurun.
Didin menyatakan, tidak akan lagi ada istilah pengangguran di kemudian hari apabila dari setiap lulusan perguruan tinggi mempunyai jiwa wirausaha. 

Dia berharap, selain untuk memamerkan produk yang telah dihasilkan kegiatan ini juga bisa menyadarkan dan merangsang inovasi dari mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda yang akan membawa kemakmuran kepada bangsa Indonesia.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018