Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) lakukan penyuluhan.

Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, di Malilingin, Senin (5/11), mengatakan penyuluhan ini merupakan kegiatan Non fisik TMMD ke 103 Kodin 1003 Kandangan, di samping Desa Malilingin rentan terjadi karhutla dengan kondisi alam yang ada.

Baca juga: Dansatgas TMMD Kodim Kandangan terjun langsung ke lokasi

"Kita mendatangkan pembicara untuk memberikan penyuluhan tentang dampak pembakaran hutan, lahan atau ilalang yaitu kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap,  gangguan kegiatan masyarakat dan citra bangsa di mata dunia," katanya.

Dijelaskan dia, banyak warga yang mengikuti penyuluhan Karhutla di Desa Malilingin,  dan bertindak sebagai sebagai pembicara di acara penyukuhan Karhutla dari BPBD Kabupaten HSS H Suryani.

Baca juga: Dansatgas TMMD Kodim Kandangan terjun langsung ke lokasi

Dalam materi H Suryani mengajak semua lapisan masyarakat agar sama-sama menjaga hutan di wilayah masing-masing, termasuk untuk mencegah terjadinya karhutla.

Menurut dia, masyarakat harus meningkatkan kepekaan untuk melestarikan lingkungan, jangan menggunduli hutan, jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dampak yang terjadi akan berpengaruh dalam jangka panjang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018