Oleh Herlina Lasmianti
    Tanjung, (Antaranews.Kalsel) -  Sosok Deny Ranoptri (35) sebagai guru Sekolah Dasar Negeri 1 Nawin Hilir Kabupaten Tabalong saat ini cukup populer di kalangan dunia pendidikan.
    Prestasinya dalam media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mengharumkan nama 'Bumi Saraba Kawa'  hingga ke tingkat nasional.
    Pria kelahiran Tanjung 3 Nopember 1983  memang cukup jago soal media pembelajaran hingga terpilih sebagai Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional 2018 dari Kementerian Pendidikan.
     Deny yang sempat  menggeluti dunia jurnalistik  mendapatkan  Anugerah Ki Hajar 2018 atas talentanya di media pembelajaran.
    Sebelum menjadi guru sekolah dasar  Deny mengaku  pernah menjadi aktifis LSM di Kabupaten Tabalong 2005 hingga 2007.
     Namun bakatnya di bidang teknologi dan informasi mulai terasah saat menjadi staf di Rumah Belajar Tanjung yang dikelola Yayasan Putera - Puteri Tabalong hingga 2011.
    Deny beralih profesi menjadi guru di SD Negeri 2 Garagata Kecamatan Jaro dan 2015 pindah menjadi guru kelas di SD Negeri Nawin Hilir hingga sekarang.
    " Saya gemar membuat blog sebagai bahan media pembelajaran siswa  dengan berbasis teknologi informasi," ungkap Deny.
     Rupanya  blog hasil karyanya banyak dikunjungi kalangan guru dari luar Kalimantan
     Dari blognya itu Deny mendapat pemasukan hingga 2 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 30 juta per bulan.
    Akhir Desember 2015 pria yang gemar membaca ini  meraih  penghargaan kategori individu untuk blogger pendidikan termasuk Anugerah Peduli Pendidikan dari blog inspiratifnya tersebut dari Kementerian Pendidikan.
    Sebelumnya mahasiswa  S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya inj juara 1 Lomba Media Pembelajaran       tingkat           Kabupaten Tabalong dan peringkat pertama  Lomba Web Sekolah Semua Jenjang   tingkat Provinsi          Kalimantan Selatan pada 2015.
      Sekarang dengan status sebagai Duta Rumah Belajar Terbaik Nasional Deny pun  menjadi perpanjangan tangan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Untuk menyosialisasikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
     Deny yang kini menjabat Sekretaris PGRI Kecamatan Haruai  terobsesi bisa menyelaraskan kemampuan  guru di daerah khususnya Tabalong dengan tuntutan kompetensi yang telah di standarkan secara nasional menyongsong pendidikan 4.0.



 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018