Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bintang Fajar Creative Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tata boga.

Pimpinan LKP Bintang Fajar Creative Hadi Purwandi, di Marabahan, Kamis (1/11), mengatakan program PKW Tahun 2018 ini merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan kerjasama dengan LKP Bintang Fajar Creative Marabahan.

"Untuk kejuruan yang dilatih adalah tata boga selama 162 jam yang direncanakan selesai untuk 41 kali pertemuan, dengan jumlah 25 peserta nantinya dilanjutkan dengan pendampingan kelompok usaha mandiri," katanya.

Pembukaan Program PKW LKP Bintang Fajar Creative Marabahan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: UNU Kalsel berikan beasiswa tujuh lulusan terbaik LKP Kharisma

Dijelaskan dia, secara garis besar kurikulum pelatihan ini terbagi menjadi dua macam yaitu, materi kewirausahaan dan materi keterampilan tata boga.

Menurut dia, pembelajaran sudah efektif dimulai sejak pertengahan Oktober  2018 dan direncanakan  selesai  Desember.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas) Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala Harina Budi Utami, mengatakan ini kesempatan bagi para peserta pelatihan untuk memiliki peluang usaha bagus dalam mencapai keberhasilan hidup, terutama untuk bisa berwirausaha.

"Saya berharap agar peserta dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. jangan sia-siakan kesempatan yang ada, karena tidak semua dapat mengikuti kegiatan ini mengingat ada syarat-syarat yang harus dipenuhi," katanya.

Adapun untuk materi narasumber program dibagi menjadi dua bagian yakni, kewirausahaan dan nara sumber keterampilan tata boga, untuk materi kewirausahaan disampaikan menghadirkan narasumber Ketua DPD FPLKP Kalimantan Selatan Joko Margono yang juga pengurus DPP HILLSI.
 

Pembukaan Program PKW LKP Bintang Fajar Creative Marabahan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Disnakerkop UKP HSS Gandeng LKP Gelar Pelatihan

Untuk narasumber keterampilan tata boga dihadirkan Yulia Fitriani yang merupakan pemilik UKM Yulia, dan telah malang melintang di dunia kuliner serta beberapa kali mengikuti pelatihan kuliner baik tingkat nasional hingga internasional.

Selanjutnya, narasumber Tri Sudiharyanti yang berlatar belakang pendidikan tata boga, dan telah berpengalaman bertahun-tahun dalam membimbing siswa SMPN Negeri 3 Marabahan dalam mata pelajaran tata boga.

Turut hadir, perwakilan BP PAUD dan Dikmas Kalsel, perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, pengurus DPD FLKP Kalsel , ketua dan pengurus DPC pengurus Forum Pengelola LKP Barito Kuala dan peserta pelatihan.
 

Ketua DPD FPLKP Kalsel Joko Margono berikan materi kewirausahaan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018