Marabahan, (Antaranews Kalsel)- Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian kepada dua kelompok tani di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (17/10).


"Bantuan yang kami serahkan tersebut tidak terlepas dari upaya Bank Indonesia dalam mendorong keberhasilan program ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Kalsel khususnya dan Indonesia pada umumnya," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Herawanto.

Menurut dia, program tersebut diimplementasikan melalui percetakan 4.000 hektare sawah oleh Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemkab Batola sebagai bagian dari peringatan Hari Pangan Seduni ke XXXVIII 2018.

"Bantuan sarana produksi pertanian yang kami berikan berupa, empat unit handtraktor, empat unithand sprayer, dua unit pompa air dan unit Tabela hasil inovasi dari bapak Marjuni petani binaan BI kalsel di Tanah Bumbu,"terangnya.

Seluruh perlengkapan tersebut, jelas dia, pihaknya perhitungkan dapat meningkatkan efektivitas penanaman padi seperti, percepatan proses tanam, penghematan biaya produksi dan penghematan tenaga kerja.

Terpisah, Dandim 1005 Marabahan Letkol Erwin Hadi Santoso mengatakan, sangat mengapresiasi bantuan Bank Indonesia perwakilan Kalsel kepada dua kelopok tani di desa Jejangkit tersebut.

"Semoga bantuan tersebut dapat memberikan manfaat dan berkah bagi petani di daerah ini,"tandasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Batola M Arsyad merasa bersyukur adanya bantuan yang diberikan Bank Indonesia Pewrwakilan Kalsel kepada dua kelompok tani di desa Jejangkit tersebut.

 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018