Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, bertempat di lapangan Lambung Mangkurat.

Ia mengatakan, TMMD merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang selama ini terus digalakkan, di mana program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah.

"TMMD berperan dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya, saat memberikan sambutan, Senin (15/10) pagi.

Dijelaskan dia, begitu juga halnya pola pembangunan yang melibatkan masyarakat bukan tanpa tujuan yang jelas, dengan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan bertujuan agar masyarakat merasa bertanggung jawab dan merasa memiliki pembangunan itu sendiri.
 

Upacara dalam upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa
(TMMD) ke-103 tahun 2018 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Jembatan gantung Antasari Kodim 1003 Kandangan diresmikan

Masyarakat tidak hanya menjadi obyek pembangunan,  dan pentingnya melibatkan masyarakat ini juga bertujuan untuk membantu menjaga situasi keamanan dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat.

Selain itu, kegiatan TMMD ke–103 tahun 2018 ini, akan banyak dilaksanakan berbagai kegiatan baik pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik, dengan harapan kegiatan TMMD ke-103 di HSS bisa berjalan dengan baik dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat. 

Dandim 1003 Kandangan selaku Dansatgas TMMD Letkol Infanteri Suhardi Aji Wijayanto, melaporkan rencana pelaksanaan TMMD ke-103 TA 2018 dengan waktu pelaksanaan selama 30 hari, mulai tanggal 15 Oktober sampai dengan 13 November 2018.

Dijelaskan dia, Untuk sasaran fisik dengan sasaran pokok meliputi pengerasan badan jalan dengan ukuran 4 meter x 1.700 meter Desa Malilingin menuju Desa Pariangan, Kecamatan Padang Batung.

"Dilanjutkan dengan rehabilitasi dua  buah Jembatan dengan ukuran jembatan pertama ukuran 3 meter x 5.6 meter, jembatan kedua ukuran 6 meter x 5.6 meter, pembuatan tiga buah Slap Culvert dengan ukuran 1 x 5.6," katanya.

Sedangkan, sasaran non fisik di bidang kesehatan masyarakat yakni, penyuluhan tentang kesehatan dan pengobatan massal, penyuluhan tentang KB, perencanaan perkawinan dan menghindari perkawinan usia dini, pengobatan massal, sunatan massal.

Pada bidang pertanian atau perkebunan yakni, penyuluhan tentang pertanian dan perkebunan, untuk bidang hukum, bela negara dan kamtibmas ada ceramaha atau penyuluhan tatib lantas, bahaya narkoba, bahaya ISIS dan siskamling, penyuluhan karhutla dan penyuluhan bela negara dan wasbang serta sosialisasi rekrutmen TNI.
 

Upacara dalam upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa
(TMMD) ke-103 tahun 2018 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dengar pendapat hasilkan kesepakatan bersama atasi persoalan Danau Bangkau

Untuk administrasi personil Pok Ko Satgas Kodim 1003 Kandangan 15 orang, tim asistensi dua orang, SSK 110 orang dan pendukung dari masyarakat Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung serta dukungan dari Pemkab HSS untuk kegiatan fisik sebesar Rp1.1 milyar.

Dalam rangkaian upacara pembukaan TMMD ke-103 ini, bupati menyerahkan naskah MoU program TMMD ke-103 kepada Dandim 1003 Kandangan selaku Dansatgas TMMD, dan juga dilakukan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan peserta.

Turut berhadir, staf ahli Manajemen Kodam Mulawarman, kasrem 101 Antasari, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Forkopimda, para Dandim wilayah kerja Kalsel, para kepala SKPD, ketua Persit Kartika Chandra Kirana beserta pengurus.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018