Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sudah hampir dua pekan terakhir dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan.

Pantauan ANTARA Rabu, sejumlah bus dari beberapa kabupaten di Kalsel dan mobil pribadi dari luar provinsi memadati lokasi wisata Pantai Gedambaan dan Sarang Tiung di Pulau Laut Utara.

Bus dan mobil pribadi tersebut mengangkut penumpang yang sebagian besar adalah remaja dan anak usia sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas.

Mereka datang dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tengah, Selatan, Balangan, Tanah Laut, Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Bahkan mereka juga datang dari kabupaten di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Selain berlibur di pantai Gedambaan, dan Sarang Tiung, mereka juga mengunjungi obyek wisata pemandian air panas di Sigam, serta obyek wisata air terjun Tumpang Dua di Sebelimbingan.

Seorang pengunjung Fitriani mengaku, hampir setiap liburan dirinya bersama keluarganya berlibur ke Pantai Gedambaan, dan beberapa obyek wisata lainnya.

Menurut dia, meski ada beberapa pantai di daerah lain, obyek wisata Pantai Gedambaan lebih baik dari pantai di kabupaten lain.

"Di obyek wisata tersebut juga tersedia menu masakan khas daerah dan kelapa muda hijau dengan gula merah, serta fasilitas yang lainnya," ujarnya.

Bahkan keindahan pantai Gedambaan yang berada di kaki pegunungan Bamega menambah keindahan tersendiri dan tidak dimiliki oleh kabupaten lain.

"Hanya satu yang perlu dibenahi agaar obyek wisata itu lebih sempurna dan membuat pengunjung lebih nyaman," tambah Abu Bakar.

Yakni, ruas jalan dari ibukota Kabupaten Kotabaru menuju Pantai Gedambaan sekitar 11 km dalam kondisi kurang baik.

"Jika pemerintah menginginkan kunjungan wisata lebih besar lagi, hendaknya memperbaiki jalur-jalur rusak di setiap menuju obyek wisata," imbuhnya.

Seperti, jalan menuju air terjun Tumpang Dua dan beberapa obyek wisata lainnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Seni dan Pariwisata H rairajuni hingga saat ini belum berhasil dikonfirmasi terkait jumlah kunjungan wisata dan harapan masyarakat atas diperbaikinya jalur menuju obyek wisata.***3***

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012