Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Badan Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Aminuddin Latif mengatakan pemprov setempat telah menyiapkan dana untuk membantu korban bencana di Palu, Sulawesi Tengah dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masing-masing Rp1 miliar.

Menurut Aminuddin di Banjarmasin Selasa, dana bantuan tersebut diambilkan dari APBD Kalsel 2018 dari pos dana tidak terduga.

"Berdasarkan imbauan dari Kementerian Dalam Negeri, bapak Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, memberikan hibah untuk membantu rekonstruksi bencana di Palu dan NTB," katanya.

Saat ini, tambah dia, dananya telah siap, bila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembangunan infrastruktur di dua provinsi tersebut.

Aminuddin mengungkapkan, pihaknya sedang mencermati rencana pemanfaatan dana tersebut diperlukan untuk apa.

Sebab, tambah dia, bantuan harus diberikan secara terarah, sesuai kebutuhan daerah penerima bantuan.

"Namun yang pasti, bantuan tersebut harus dimanfaatkan untuk rekonstruksi infrastruktur daerah," katanya.

Selain pemerintah provinsi, beberapa elemen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan serta mahasiswa di Kalimantan Selatan, juga ikut mengumpulkan bantuan untuk bencana di Palu.
 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Setiap hari, puluhan mahasiswa berjejer di pinggir jalan, untuk mendapatkan sumbangan dari pengguna jalan, agar bisa disalurkan kepada para korban bencana tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala.

Selain di Banjarmasin, mahasiswa di daerah, seperti yang tergabung dalam HMI Hulu Sungai Tengah, juga melakukan kegiatan yang sama.

Sebelumnya, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591 mengangkut bantuan yang berasal dari Kalimantan Selatan untuk dibawa ke Palu, Sulawesi Tengah.

"KRI Surabaya sebelumnya berangkat dari Surabaya untuk menampung bantuan dari masyarakat di Kalsel sebelum bertolak lagi ke Balikpapan untuk selanjutnya ke Palu," terang Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto di Banjarmasin, Jumat.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, mengaku bersyukur atas terhimpunnya bantuan yang cukup banyak dari segenap instansi baik pemerintah maupun sektor swasta dan kalangan masyarakat umum tersebut

"Kami tentunya berterima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang telah memfasilitasi pengangkutan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah," tutur gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu.


 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018