Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Selatatan (HSS) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Perkemahan Bakti Sabanuaan VI (Pertibanua VI) Satuan Karya Pramuka Bakti Husada se Kalimantan Selatan (Kalsel), di di objek wisata Alam Tujuh Roh, Kecamatan Loksado.

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Mabisaka Bakti Husada HSS Siti Zainab, di Loksado, Sabtu (6/10), mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah pembinaan pramuka penegak dan pandega, yang diarahkan pada peningkatan keteranpilan dan kepemimpinan dalam bentuk bela bela diri, bela satuan dan bela masyarakat.

"Melalui Saka Bakti Husada diharapkan dapat menigkatkan kemampuan hidup sehat bagi para anggotanya secara khusus dan masyarakat pada umumnya, yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam menunjang terwujudnya derajat kesehatan masyarakat secara optimal," katanya, saat menyampaikan laporan dalam pembukaan Pertibanua VI.

Pembukaan Perkemahan Bakti Sabanuaan VI (Pertibanua VI) Satuan Karya Pramuka
Bakti Husada se Kalimantan Selatan (Kalsel) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kwarcab HSS gelar apel peringatan Hari Pramuka

Dijelaskan dia, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 383 orang disertai peserta tambahan 71 orang, dengan mangambil tema  "Meningkatkan peran Pramuka Saka Bakti Husada dalam gerakan masyarakat hidup sehat untuk mewujudkan keluarga sehat".

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel Hj Raudhatul Jannah, mengatakan berbagai kegiatan yang diselenggarakan gerakan pramuka harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, ini penting diperhatikan, sehingga pencapaian tujuan akhir proses pembinaan bisa diwujudkan.

"Kita ingin apapun jenis kegiatan gerakan pramuka sasarannya bisa tercapai dengan tepat, khususnya berkaitan dengan terbinanya watak dan kepribadian anggota pramuka dengan berwatak dan berkepribadian keIndonesiaan," katanya.

Diharapkan dia, kegiatan perkemahan bakti sebanuaan satuan karya pramuka bakti husada ke VI ini, betul-betul menjadi arena pertemuan anggota saka bakti husada untuk melakukan kegiatan yang inovatif dan rekratif serta mengandung unsur bakti masyarakat.

Pembukaan Perkemahan Bakti Sabanuaan VI (Pertibanua VI) Satuan Karya Pramuka
Bakti Husada se Kalimantan Selatan (Kalsel) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Achmad Fikry tradisikan pawai obor Kwarcab Pramuka HSS

Tak lupa, ia menghimbau agar sama-sama memberikan bantuan dan dukungan baik berupa moril, materin dan khususnya do'a, semoga mereka-mereka yang sudah berpulang akibat bencana mudah-mudahan dalam khusnul khotimah dan ditempat di tempat yang layak di sisi Allah.

Turut berhadir, Bupati HSS H Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua Mabisaka Bakti Husada Kalsel H. Muhammad Muslim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HSS, para Kepala OPD lingkup Pemkab HSS, para camat serta Andalan Nasional dan Daerah dari Saka Bakti Husada.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018