Paringin, (Antaranews Kalsel) - Tidak semua pembangunan di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, tertunda akibat dari pemangkasan anggaran sekitar 20% di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, Senin (1/10), bahwa pengurangan anggaran sendiri terjadi karena adanya penurunan pendapatan, khususnya dari dana perimbangan pemerintah pusat.

Penyesuaian program kerja terkait pemangkasan anggaran yang cukup besar ini mengharuskan ada rencana pembangunan dan realisasi ditunda pelaksanaannya, namun secara keseluruhan tetap mengacu pada kebijakan dan prioritas serta plafon anggaran APBD 2018 dan kini penyesuaian pengurangan anggaran tersebut akan diterapkan dalam anggaran perubahan 2018 ini.

Dikatakan bahwa salah satu dampak dari pengurangan anggaran tersebut yakni, ditundanya realisasi proyek pembangunan bundaran di depan Masjid Al Akbar dan gerbang Selamat Datang di perbatasan antara Kabupaten Balangan dengan Hulu Sungai Tengah (HST) di Kecamatan Batumandi, yang semula direncanakan dibangun tahun 2018 ini.

"Sementara untuk bundaran di depan Masjid Al Akbar dan gerbang Selamat Datang di perbatasan Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Tengah (HST) akan ditunda pelaksanaannya, Insya Allah akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang," tuturnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, tidak semua pekerjaan dan perencanaan tertunda, beberapa peningkatan dan pembangunan insfrastruktur yang sedang berjalan, akan terus dilanjutkan, misalnya seperti peningkatan jalan, kemudian infrastruktur Gedung Budaya Balangan, dan lainnya.

"Tidak semua tertunda, ada yang sudah berjalan seperti peningkatan jalan, gedung budaya, dan lainya tetap dilaksanakan, jadi tidak sepenuhnya tertunda," tegasnya.

Penundaan beberapa program proyek fisik dan lainnya ini, menurut H Ansharuddin, tidak terlepas dari penyesuaian pengurangan anggaran sebagaimana yang tertuang dalam anggaran perubahan 2018 yang telah diajukan ke DPRD Balangan.

Selain penyesuaian anggaran, juga untuk penjagaan defisit anggaran agar tidak mengalami utang anggaran. Diantaranya, penyesuaian dan upaya penjagaan tersebut adalah dengan pemotongan beberapa belanja. 

Terutama pada pagu anggaran belanja barang dan program yang dipandang tidak mendesak, termasuk penundaan proyek pembangunan tugu bundaran depan Masjid Al Akbar dan gerbang Selamat Datang di perbatasan Kabupaten Balangan-HST," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018