Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-5 Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI).

ULM pun mendorong mendorong agar  para dosen untuk lebih produktif lagi dalam menulis.

"Alhamdulilah jumlah publikasi jurnal internasional dari ULM terus mengalami peningkatan. Dan kedepannya hal ini terus kita dorong agar civitas akademika berkarya di dunia kepenulisan," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, Selasa.

Sutarto juga mengungkapkan, di era digital sekarang ini artikel maupun buku-buku dipublikasikan dalam bentuk digital. 

Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar APPTI sekarang, yakni bagaimana tidak lagi hanya bergantung ke dalam bentuk buku yang dicetak namun juga dalam bentuk yang lain seperti e-book dan sebagainya.
Sementara Sekretaris APPTI Pusat Dr Aam Bastaman mengakui publikasi di Indonesia masih tergolong kurang. Untuk itulah, APPTI dibentuk  mendorong insan perguruan tinggi agar lebih aktif dan produktif dalam menulis.

"APPTI juga ingin mendorong sivitas akademika baik mahasiswa maupun dosen menjadi teladan dalam meningkatkan minat baca agar bisa diikuti oleh masyarakat umum," paparnya.

Melalui peningkatan upaya publikasi tersebut, diharapkan dosen lebih produktif menciptakan karya, sehingga juga bisa mendorong minat baca agar lebih baik lagi.

Acara yang dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 1 itu juga turut dihadiri Staf Ahli Gubernur Kalsel Drs H Gusti Burhanuddin, Staf Ahli Menristekdikti Dr Ir Agus Puji Prasetyono serta pengurus APPTI Pusat dan APPTI di berbagai wilayah di Indonesia. 

Untuk mekanisme penyamaan strategi dan program, APPTI setiap tahunnya melaksanakan Mukernas yang dirangkai seminar nasional. Karena perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi diharapkan menjadi ruang publik yang beradab bagi hadirnya para penulis. Komitmen kelembagaan perguruan tinggi dalam mendukung tingginya semangat mendorong para sivitas akademika dalam berproses untuk berkarya di dunia kepenulisan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018