Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry,M.AP menerima kunjungan dari tim evaluator Kementrian PAN RB terhadap evaluasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Rumah Sakit H Hassan Basry.
 
Ia mengatakan, selamat datang di Kabupaten HSS dengan harapan selama bertugas di HSS bisa memperoleh sesuatu yang memberi manfaat baik bagi daerah HSS maupun kebijakan dari Kemenpan RB. 

"Kedatangan tim evaluasi sangat berarti, menjadi masukan yang berharga untuk menyusun kebijakan kedepan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," katanya, saat memberikan sambutan kedatangan tim evaluasi, bertempat di Pendopo Kabupaten, Sabtu (25/9).

Dijelaskan dia, salah satu program visi misi lima tahun kedepan untuk selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, namun dengan keterbatasan anggaran, ada skala prioritas yang harus dilakukan.
 

Kunjungan dari tim evaluator Kementrian PAN RB terhadap evaluasi pelayanan publik di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan Menteri Keuangan RI

Pada periode pertama menjabat ada upaya-upaya pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang beruntung seperti program beras sejahtera gratis, program rumah sejahtera.

Dan tahun 2019 ini akan menjadikan seluruh masyarakat HSS menjadi anggota BPJS semesta gratis, sehingga pelayanan betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, selain itu berdasarkan hasil evaluasi BPK dalam lima tahun berturut-turut HSS meraih opini wajar tanpa pengecualian.

Untuk  Rumah Sakit H Hasan Basry Kandangan adalah rumah sakit rujukan dari lima daerah tetangga, dengan tipe B dan sekarang menjadi rumah sakit pendidikan yang sudah akreditasi paripurna serta mempunyai spesialis yang cukup banyak.

"Namun persoalan yang dihadapi dengan konsekuensi pasien yang sangat banyak sehingga strategi yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk memperkuat posisi puskesmas-puskesmas menjadi puskesmas rawat inap," katanya.

Menurut dia, bagi masyarakat HSS yang tidak terlalu harus ke rumah sakit cukup di rawat Puskesmas, sehingga rumah sakit betul-betul menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien tetangga.

Sedangkan untuk pelayanan terpadu satu pintu, terus di benahi dan pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi Catpil, sudah ada mobil keliling dengan pola jemput bola.

Selanjutnya, ia berharaphasil dari evaluasi nantinya bisa menjadi masukan yang berharga untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat.
 

Kunjungan dari tim evaluator Kementrian PAN RB terhadap evaluasi pelayanan publik di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Raih WTP Pemkab HSS komitmen kelola keuangan sesuai aturan

Tim Evaluator Kementrian PAN RB Aris Samson, mengatakan kesan selama berada di HSS, merasa bangga dan rasa gembira karena sudah diterima dengan baik di HSS.

"Kami bangga dengan kehadiran dan sinergisitas sebagai wujud kebersamaan, serta kondisi kota di Kabupaten HSS yang demikian bagus dan bersih," katanya.

Dijelaskan dia, Kemenpan RB akan mengevaluasi pelayanan publik di 257 kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, dan ada tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), salah satunya di Kabupaten HSS.

Ditambahkan dia, agar nantinya Kabupaten HSS akan contoh bagi kabupaten dan kota di lingkungan Provinsi Kalsel dan mengajak mari mulai saat ini berbenah, bersama-sama meningkatkan pelayanan publik sehingga menjadi lebih baik lagi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018