Palangkaraya, (Antaranews Kalsel) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan gelar workshop kehumasan bagi PTS se Kalimantan Selatan, Tengah, Timur dan Utara, yang digelar di Ballromm Hotel Aquarius Palangka Raya, 22 September 2018.

Acara yang merupakan rangkaian kedua dari workshop sebelumnya yang diadakan di Pontianak tersebut, diikuti oleh 96 peserta petugas humas dan pengelola media sosial PTS yang tersebar di Kalimantan.

Diawali dengan laporan ketua panitia pelaksana, Kasubbag TU LLDIKTI XI, Nazib, dilanjutkan dengan Pengarahan sekaligus pembukaan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin.

Prof Idiannor menyampaikan dalam arahan nya kehumasan merupakan ujung tombak penyebar informasi khususnya di Perguruan Tinggi Swasta.

Dalam hal Publikasi pada media cetak, media online dan media sosial sangat diperlukan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Dalam era digital saat ini pemanfaatan media online dan media sosial sangat tinggi oleh karena itu petugas humas wajib siap dalam keadaan ini.

"Publikasi kegiatan kegiatan kampus, kegiatan kemahasiswaan dan Prestasi yang diperoleh oleh Dosen, mahasiswa harus di publikasikan," katanya.

Prof Idiannor meminta agar seluruh PTS bisa memanfaatkan kanal penyebar informasi khususnya media online dan media sosial, sehingga seluruh kegiatan yang ada di PTS bisa tersosialisasikan dengan baik.

"Saya yakin, semua PTS di Kalimantan mempunyai segudang kegiatan, tinggal bagaimana Pimpinan PTS menggerakkan humasnya dalam mengelola media sosial dan media onlinenya," katanya.
 
. (Antaranews Kalsel/Muhammad Adie Karya) (Antaranews Kalsel/Muhammad Adie Karya/)

Saat ini, tambah dia, teknologi informasi berkembang cukup cepat seiring berkembangnya eradigital, sehingga  petugas humas harus  siap. Oleh karena itu, dalam acara ini akan diberikan pemahaman betapa pentingnya pengelolaan publikasi pada media online dan media sosial.

Pada acara ini menghadirkan dua narasumber yang mumpuni yaitu para wartawan senior yang ahli dalam bidang publikasi. Mereka ialah kepala biro Antaranews Palangkaraya, Zainal Abidin dan Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post, Musyafi'.

Dalam paparan pertama yang disampaikan oleh zainal abidin, ia menyampaikan pentingnya posting berita pada media website official perguruan tinggi swasta.

Petugas pengelola website dan petugas humas harus besinergi dengan baik. Informasi atau pemberitaan pada media website akan mempengaruhi pandangan masyarakat luas pada PTS.

Dengan berita yang menarik dan aktif dalam posting berita, akan memberikan citra positif. Kemudian dalam evaluasi website gunakan Google Analytics, dangan tools ini akan memudahkan dalam evaluasi hasil postingan PTS di website.

Paparan kedua disampaikan oleh, Musyafi', ia memaparkan bahwa pengguna internet diseluruh Indonesia, kalimantan merupakan pengguna yang sangat besar. Sehingga ini akan menjadi potensi penyebaran publikasi pada media sosial.

Pemberitaan pada media sosial pada jejaring facebook fanpage, twitter dan instagram Official perguruan tinggi akan sangat cepat menyebar di masyarakat, sajikan berita tentang kegiatan kampus, kemahasiswaan, dll dikemas secara menarik. Dalam pemberitaan ambil sudut pandang yang menarik dan penting agar masyarakat yang menjadi sasaran informasi meakses berita tersebut. 

Humas LLDIKTI WILAYAH XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018