Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 181 orang jamaah haji dan lima? petugas haji asal Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan? tergabung dalam kloter 16 tiba di ibukota Kabupaten Barito Kuala, Marabahan.

Sedangkan 28 orang jamaah haji Barito Kuala? tergabung dalam kloter 17 akan tiba di Bandara Samsudin Noor, Senin (24/9), sekitar pukul 10.00 Wita,? ujar Kepala Kementerian Agama Barito Kuala Rusbandi, di Marabahan, Minggu.

 Menurut dia, jamaah haji Barito Kuala tergabung dalam kloter 16 bersama-sama jamaah haji asal Banjarmasin tiba di Bandara Samsudin Noor Banjarbaru, Sabtu (22/9) pukul 22.35 Wita.

Namun, sebut dia, sebelum pulang ke tempat masing-masing, jamaah haji Barito Kuala? terlebih dulu diinapkan satu malam di Asrama Haji Banjarbaru dan pagi harinya baru diperbolehkan pulang menuju kampung halaman.

Terpisah, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Pembangunan M Anthony menyampaikan ucapan selamat datang dan kembali ke kampung halaman kepada para jamaah.

Ibadah haji, jelas dia,? merupakan dambaan setiap muslim, karena kesempurnaan bagi seorang muslim dirasakan setelah menunaikan ibadah haji.

Di samping itu, lanjut dia, kedekatan kepada Allah dan kekhusukan shalat sangat dirasakan setelah berhaji karena Ka?bah yang merupakan rumah Allah yang selama ini hanya terbayang di benak sudah bisa disaksikan secara langsung oleh masing-masing jamaah.

Untuk itulah,? dia berharap, setelah sekembali dari tanah suci Mekkah akan menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta lebih intensif segala kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan sebagai pencerminan diraihnya haji yang mabrur. ?

 Sementara kepada para pendamping baik tim kesehatan, tim pemandu haji maupun tim pembimbing ibadah haji, dia juga? menyampaikan ucapan terima kasih telah mendampingi para jamaah sejak persiapan keberangkatan hingga kepulangan. (KR-SKR).
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018