Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan membantu masyarakat memperoleh dan mengolah informasi yang bermanfaat.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) baru-baru ini membantu pembentukan KIM Taruna Jaya Kelurahan Murung Sari Amuntai disaksikan Lurah Murung Sari H. Hasby El Khairi.

Kasi layanan komunikasi publik Diskominfo HSU H. Halida di Amuntai Kamis mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi keinginan Warga Kelurahan Murung Sari untuk membentuk KIM setelah  Diskominfo memberikan penyuluhan kepada warga beberapa waktu sebelumnya. 

"Kami siap memberikan pembinaan terhadap KIM Taruna Jaya yang baru saja dibentuk dengan bersama sama pengurus dan anggota KIM menyusun program kerja," ujar Halida.

Halida mengatakan, program kerja yang disusun menjadi landasan bagi pengurus untuk menjalankan roda organisasi KIM sebagai mana amanat pemerintah melalui kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ia mengatakan mulai 2018 Diskominfo melakukan sosialisasi KIM dan  memfasilitasi terbentuknya KIM dan melakukan pembinaan.

Pembentukan KIM, kata Halidi bertujuan menciptakan komunikasi dua arah antara Pemerintah dan Masyarakat. Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi dan informasi melalui KIM kepada pemerintah, begitu pun sebaliknya.

Melalui KIM, lanjutnya, masyarakat bisa mendiskusikan informasi yang mereka peroleh dari media, sehingga mengolahnya menjadi informasi bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua KIM Taruna Jaya Kelurung Murung Sari Irhamli mengatakan, masyarakat telah lama ingin mwmbentuk suatu wadah berkumpul untuk mengumpulkan informasi tentang potensi atau keterampilan yang dimiliki warga agar bisa di olah menjadi sebuah informasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

"Namun karena kami masih kurang wawasan terhadap ruang lingkup lembaga dan pola kerja KIM, sehingga baru sekarang terbentuk setelah Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan sosialisasi dan pendampingan," kata Hamli.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018