Banjarmasin,(Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya mendorong sektor pariwisata dengan melaksanakan kegiatan tingkat nasional antara lain segera diselenggarakan kejuaraan drumband tingkat nasional bahkan asia.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris di Banjarmasin Rabu mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya menarik kegiatan-kegiatan sekala nasional untuk dilaksanakan di provinsi ini.

Melalui kegiatan tingkat nasional bahkan asia dan internasioanl, maka orang dari berbagai daerah akan datang berbondong-bondong ke Kalsel.

Dampaknya adalah, tambah dia, selain mengenalkan berbagai potensi daerah, juga akan menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang padi akhirnya akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Terselenggaranya berbagai kegiatan skala nasional, hotel, travel, kuliner dan lainnya, akan banyak dikunjungi, termasuk industri kue khas daerah," katanya.

Rencananya, Kejurnas drumband tingkat nasional tersebut, akan diselenggarakan pada 4 Desember 2018, yang diawali dengan kejuaraan drumband tingkat daerah atau provinsi pada 25-29 September 2018.

Group drumband pemenang Kejurda, akan diikutkan dalam kejuaraan nasional drumband yang rencananya akan diikuti oleh puluhan group dari 20 provinsi.

Sekda berharap, seluruh pihak terkait, baik itu PHRI, Asita, masyarakat, media dan seluruh pihak terkait, mendukugn terselenggaranya berbagai kegiatan nasional dan internasional di daerah.

"Kalau kegiatan yang kita selenggarakan sukses, kembalinya akan ke masyarakat, dan dampaknya bisa dirasakan langsung," katanya.

Ketua Umum Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq yang juga Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Kalsel mengatakan, pihaknya akan berupaya kejuaraan drumband ini akan mampu menarik wisatan untuk datang ke Kalsel.

Panitia, kata dia, juga akan mendatangkan tim dari federasi drumband Asia, yang datang sebagai peninjau.

Selanjutnya, setelah Kejurnas di Kalsel ini, tambah dia, akan diinisiasi sebagai federasi drumband Asia.

"Untuk melaksanakan itu, akan kita evaluasi terlebih dahulu hasil pelaksanaan Kejurda drumband yang tinggal beberapa hari lagi," katanya.

Kejurda tersebut, tambah dia, akan diawali dari nol kilometer berkeliling sesuai dengan rute yang ditetapkan panitia.

Selain Kerjurnas drumband, pada Oktober ini, Kalsel juga menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diselenggarakan di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Acara yang bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan duta besar dari 40 negara sahabat tersebut, akan mamu mendorong pertumbuhan ekonomi dan wisata daerah secara signifikan.




 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018