Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menjadi satu-satunya gubernur di Indonesia yang mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pembina olahraga berprestasi nasional 2018.

Sahbirin di Banjarmasin, Senin, mengatakan penghargaan luar biasa ini, adalah milik seluruh masyarakat Kalsel dan buah kerja bersama dalam membangun dan membangkitkan prestasi olahraga di daerah.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh, pembina dan pejuang olahraga, termasuk seluruh pengurus olahraga dari tingkat Desa, kecamatan/Kabupaten dan Provinsi,

Semoga prestasi yang diraih ini menjadi spirit bersama untuk lebih bergerak meningkatkan prestasi olahraga di daerah, tambahnya.

Penghargaan tersebut diserahkan bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke XXXV 2018, pada 9 September 2018 di Ternate yang diserahkan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Penghargaan tersebut, juga diserahkan kepada tokoh terkemuka tanah air, antara lain Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Kapolri Jenderal Polisi Tito Kanavian, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Olahraga RI Imam Nahrawi dalam sambutanya memaparkan semangat olahraga menyatukan perbedaan.

Dia berpesan, agar seluruh komponen masyarakat terus gelorakan semangat olahraga dari desa, kampung dan sekolah. Karena dari situlah kita akan menemukan talenta olahraga nasional berprestasi di masa mendatang.

Terkait penghargaan kepada para tokoh pembina dan penggerak olahraga, Menpora mengemukakan, apresiasi pemerintah ini diberikan kepada mereka yang selama ini memiliki komitmen kuat untuk membesarkan prestasi olahraga baik di tingkat daerah maupun nasional.

Penilaian dilakukan secara ketat, cermat dan teliti. Sehingga nama nama penerima penghargaan adalah orang- orang pilihan.
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)

Salah seorang Panitia Seleksi Penerima Penghargaan Haornas Adisujatno menambahkan penilaian utama pertimbangan negara memberikan penghargaan HAORNAS 2018, karena memiliki kepedulian dalam upaya memajukan olahraga di daerah maupun tingkat nasional.

Ia membenarkan H Sahbirin Noor adalah satu-satunya gubernur di Indonesia yang menerima anugerah penghargaan sebagai tokoh Pembina Olahraga.

Ia dinilai memberikan perhatian tinggi untuk kegiatan olahraga tingkat nasional, seperti sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Rekriasi Nasional (PORNAS) 2017.

"Gubernur juga memiliki komitmen luar biasa dalam upaya mengalokasikan anggaran daerah untuk kemajuan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah, maupun mendukung event olahraga nasional," jelas Adisujatno.

Adapun nama-nama lain yang akan menerima penghargaan dari pemerintah yaitu, Syarifuddin ( CDM Asian Games 2018), Erick Thohir (Ketua Inasgoc).

Dodi Reza Alex Noerdin (Bupati Musi Banyuasin), H Dadang M Naser (Bupati Bandung), Burhan Abdurahman (Walikota Ternate), Oesman Sapta Odang (Ketua DPD RI), Irjen Royke Lumowa (Kapolda Maluku).


 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018