Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan jamaah yang datang dari berbagai penjuru di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten tetangga sambut kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Barabai, Kamis (16/8).

Para jamaah sudah membeludak sejak hari rabu (15/8) malam yang menginap di rumah-rumah warga terdekat agar dapat menyaksikan lebih dekat dan secara langsung dapat melihat Ustadz yang sempat digadang-gadang menjadi Wapres mendampingi Prabowo tersebut.
 
UAS saat tausiyah di mushalla Ponpes Nurul Muhibbin Barabai (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


UAS sendiri datang ke Barabai sekitar pukul 07.00 wita bersama-sama syaikh Asal Al Banjari dan hafidz cilik Syeikh Rasyid dengan penjagaan ketat oleh petugas keamanan dan disambut langsung oleh pimpinan Ponpes Nurul Muhibbin KH Muhammad Bakhiet bersama-sama para ulama dan habaib.

Terlihat juga hadir beberapa pejabat pemerintahan yang tidak hanya dari HST tetapi juga Kabupaten-Kabupaten yang ada di Kalsel yang rela duduk desak-desakan untuk mendengarkan ceramah UAS.

Di Barabai, UAS memberikan tausiyah tidak di lapangan terbuka namun di Mushalla Ponpes Nurul Muhibbin, sehingga jamaah yang di luar kebanyakan hanya bisa melihat dan mendengarkan melalui televisi-televisi yang sudah disiapkan panitia.
 
UAS saat tausiyah di Ponpes Nurul Muhibbin Barabai (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Rangkaian acara diawali dengan pembacaan syair-syair habsyi, pembacaan ayat-ayat suci al-qur'an yang merdu oleh Syeikh Asal dan Syeikh Rasyid serta sambutan ucapan terimakasih dan selamat datang dari Pimpinan Pengasuh Ponpes Nurul Muhibbin KH Muhammad Bakhiet.

Selanjutnya, UAS memberikan tausiyah sekitar satu jam dengan gaya khasnya yang tegas, keras namun terkadang bersenda gurau dan mengundang gelak tawa para jama'ah.

Setelah itu UAS membuka forum tanya jawab kepada jama'ah dan ditutup dengan do'a bersama yang berakhir sekitar pukul 11.00 wita.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018