Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Barito Kuala, Kalimantan Selatan  Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor melantik dan mengukuhkan 11 Ketua TP-PKK Kecamatan serta Bunda PAUD yang baru, di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Senin (13/8).


Kesebelas Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Kecamatan dilantik tersebut adalah, Kecamatan Jejangkit Nyonya M Mujiburrahman, Tabunganen Nyonya Khairani, Kecamatan Mandastana Nyonya Dahtiar Pajar, Kecamatan Belawang Nyonya Rusdiansyah, Kecamatan Anjir Pasar Nyonya M Husaini.

Selanjutnya, Kecamatan Bakumpai Nyonya Kartayudi, Kecamatan Cerbon Nyonya M Sya’rawi, Kecamatan Anjir Muara Nyonya Jaya Hidayatullah, Kecamatan Rantau Badauh Nyonya Juliannor Fatahillah, Kecamatan Marabahan Nyonya Eko Purnama Sakti, dan Kecamatan Tabukan Nyonya Abdi Maulana.

Ketua Tim Penggerak PKK Batola Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor mengatakan, berkenaan dengan tugas dan fungsi serta program kegiatan gerakan PKK Batola selaku mitra kerja pemerintah daerah baik dalam upaya pencapaian visi dan misi gerakan PKK maupun dalam rangka mendukung tercapainya visi dan misi Pemkab Batola yakni Batola Setara.

Dia menyebutkan, PKK mitra kerja pemda yang memiliki peranan strategis dalam membantu kelancaran pelaksanaan seluruh program pemerintah baik pusat, provinsi, terlebih Kabupaten Batola.

Oleh karena itu, dia berharap, pelantikan itu menjadi landasan awal untuk menyempurnakan dharma bakti dalam mendukung berbagai kebijakan Pemkab Batola, khususnya yang berkenaan program kegiatan PKK agar semakin meningkatkan keberdayaan dan kemandirian masyarakat, khususnya harkat dan martabat kaum perempuan.

“Saya berharap kepada ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK kecamatan agar membawa, memacu dan mengarahkan organisasi ini untuk terus bergerak maju secara dinamis seiring kemajuan dan perkembangan zaman,” harapnya.

Saras merasa berbangga keberadaan PKK Batola selama ini dirasa banyak membantu pemkab,  terutama melalui berbagai kegiatan yang merupakan penjabaran dari 10 program pokok PKK.

Keberadaan PKK, lanjutnya, juga dirasakan sangat menunjang upaya membangun semangat kebersamaan, kegotong-royongan, serta menjadi pelopor tumbuhkembangnya rasa kepedulian sosial yang telah dibuktikan dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Kiprah Tim Penggerak PKK yang dirasakan masyarakat secara langsung itu, jelas dia,  diantaranya kegiatan bedah rumah, pendirian rumah pintar dan tempat pendidikan anak usia dini, peningkatan kemampuan dan keterampilan kaum perempuan, pasar murah Ramadhan, dan lainnya.

Dia berharap,  susunan kepengurusan Tim Penggerak PKK kecamatan yang baru dapat mempelajari kembali rencana kerja di tingkat kecamatan untuk digunakan sebagai pedoman, arah kebijakan dan strategi dalam upaya pelaksanaan 10 program pokok PKK termasuk dalam upaya memajukan peran Bunda PAUD di wilayah masing-masing.

Usai pelantikan kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK).

Kegiatan ibuka Ketua Tim Penggerak PKK Batola itu dimaksudkan dapat memberikan bekal pengetauan kepada seluruh kader dalam menjalankan 10 program pokok PKK ke depan.  

Pelantikan tersebut  dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Batola Hj Sri Wahyuningsih Supriyono, para pimpinan dan pengurus organisasi wanita, para pimpinan SKPD, para camat beserta ketua Tim Penggerak PKK kecamatan dan undangan.



 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018