Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Dalam rangka menyemarakan hari jadinya ke-22, SMAN 1 Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menggelar jalan sehat massal,  Selasa (14/8) pagi,


Acara diikuti seluruh siswa sekolah SD, SMP dan SMA sederajat  di wilayah Kecamatan Anjir Pasar tersebut,  panitia menyediakan sejumlah hadiah doorprize diundi melalui kupon yang dibagikan pada saat peserta dalam perjalanan.

Selain jalan sehat,  SMAN 1 Anjir Pasar juga menyelenggarakan aneka lomba dalam rangkaian anniversary seperti kompetisi futsal, turnamen bola voly, kompetisi tari tradisional, dan lainnya.

Wabup Batola Rahmadian Noor mengatakan, dunia pendidikan di Batola berjalan relatif berhasil walau pun ia mengakui pembangunan dunia pendidikan tersebut ditopang dengan dana yang relatif kurang mencukupi karena keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Walau demikian, sebutnya, pemkab tetap senantiasa berupaya agar dunia pendidikan terus berjalan dengan baik dan lancar.

Syukurnya, sebut mantan anggota DPRD Batola, untuk SMU kewenangan pengelolaannya sudah berada di pemerintahan provinsi sehingga kabupaten/kota sedikit berkurang dalam pengelolaannya yakni hanya SD dan SMP sederajat.

Walau demikian, lanjut wabup yang akrap disapa pak Rahmadi, itu tetap tidak melupakan tanggungjawab pemerintah daerah terhadap sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya.

Oleh karena itu, dia mrminta,  apa saja permasalahan maupun kendala yang terjadi di sekolah SMU tetap saja bisa dikomunikasikan  dengan pemerintah kabupaten, sehingga pemkab juga bisa turut memikirkan atau setidaknya bisa berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

Pada bagian lain, Rahmadi juga menyinggung usia harapan sekolah di Batola dimana sesuai data BPS tahun 2017 menyebut rata-rata kelas 2 SMP, jika dibanding beberapa tahun sebelumnya angka ini terjadi peningkatan signifikan.

Rahmadi bersyukur atas perkembangan itu, lebih-lebih dari laporan yang diterima terjadi peningkatan kesadaran para orangtua dalam menyekolahkan anak sehingga banyak sekolah SMA sederajat yang kewalahan menampung  lantaran membludaknya para pendaftar.

Terjadinya peningkatan minat belajar ini, menurut wabup, tentunya membutuhkan antisipasi terutama untuk keseimbangan terhadap sarana maupun berbagai fasilitas pendukung lainnya.

“Paling tidak hal ini juga perlu dikomunikasikan dengan pemerintah provinsi maupun pihak kemenag,” katanya.

Pada  ke-22 SMAN 1 Anjir Pasar ini wabup juga berpesan,  baik orangtua maupun para dewan guru untuk benar-benar mengawasi anak-anak maupun para siswa mengingat sebutnya terdapat dua lingkungan yang bisa mempenguhi pergaulan mereka yakni lingkungan rumah dan luar rumah.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN 1 Anjir Pasar Murjani mengatakan, peringatan HUT ke-22 SMAN 1 Anjir Pasar  tersebut  dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur.

Hingga usia ke-22 ini, terang Murjani, banyak prestasi yang cukup membanggakan ditorehkan sekolahnya, baik di bidang akademik maupun non akademik dan jumlah siswa yang masuk tiap tahun terus meningkat.

Dia mengakui,  terjadi kendala sarana dalam menampung semakin bertambahnya para siswa yang bersekolah.

Di kesempatan puncak ultah SMAN 1 Anjir Pasar ini pula, Murjani mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada wakil bupati, camat, kapolsek, danramil, kades, dan para guru-guru maupun orangtua siswa yang telah membantu pelaksanaan sehingga kegiatan bisa berjalan lancar.

Puncak acara HUT ke-22 SMAN 1 Anjir Pasar dihadiri diri Camat Anjir Pasar M Husaini, para kepala sekolah, para dewan guru dan pelajar.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018