PARINGIN, (Antaranews Kalsel0 – Bupati Balangan H Ansharuddin, turut berhadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke 68 yang dilaksanakan sejak Kamis (9/8) di halaman kantor lama Gubernur Kalsel, Kota Banjarmasin.

HUT Provinsi Kalsel sendiri sebenarnya jatuh pada tanggal 14 Agustus, namun peringatannya sengaja dimajukan, karena Gubernur Kalsel Sahbirin Noor akan berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji.

"Kita harus berterima kasih kepada para pendahulu kita, yang telah berjuang dan membangun Kalsel menjadi seperti sekarang ini," kata gubernur saat memberi sambutan pada peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 68, Kamis (9/8).

Birin mengakui, hingga kini masih banyak persoalan yang dihadapi Kalsel dan harus segera dibenahi, diantaranya keterbelakangan dan kemiskinan.

Dikatakannya, Kalsel harus bisa memanfaatkan kekayaan SDA yang berlimpah dengan sebaik-baiknya. Membuka kran investasi bagi siapa saja, namun harus tetap mengedepankan kearifan lokal dan manfaatnya bagi masyarakat luas.

"Kita harus mencari terobosan dengan mentransformasi SDA yang ada menuju ke SDA terbarukan. Saat ini, Pemprov Kalsel tengah giat mendorong industri pariwisata, setidaknya bisa meniru kemajuan Bali. Sebab, pariwisata bisa menyajikan sebuah kesejahteraan dan berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin bersyukur bisa berhadir dalam peringatan hari jadi Provinsi Kalsel ini. Dan ia bertekad akan turut serta memajukan Kalsel dengan membawa Kabupaten Balangan yang ia pimpin ke arah kemajuan yang lebih baik.

"Kabupaten Balangan merupakan bagian dari Provinsi Kalsel, kalau Balangan maju maka akan memberi dampak langsung pada Kalsel," imbuhnya.

Usai acara, Bupati Balangan H Ansharuddin mengikuti Gubernur Kalsel berkeliling ke setiap stan yang menyajikan makanan gratis pada peringatan HUT Provinsi Kalsel ke-68 ini.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018