Dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-73, Pemkab HST melaksanakan berbagai kegiatan lomba tradisional yang akan mulai digelar sejak tanggal 10 hingga 17 Agustus mendatang.

Plt Bupati HST H A Chairansyah, Kamis (9/8) di Barabai mengharapkan agar seluruh SOPD di Lingkungan Pemkab HST dapat berpartisipasi termasuk para pelajar serta masyarakat HST.

"Kami menginginkan semua juga dapat ikut memeriahkan lomba dalam rangka HUT RI tahun ini dengan cara sportif dan tujuannya hanya untuk memeriahkan saja bukan yang lain," katanya.

Menurut Dia tujuan olahraganya juga sangat bagus untuk melestarikan permainan tradisional yang ada di banua.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata HST H Amir Hasan menjelaskan bahwa lomba ini diberi tema lomba olahraga tradisional dan rekreasi antar pelajar SMA/MA/SMK serta antar SKPD/Instansi Vertikal/BUMN/BUMD se HST.

Selain itu, kegiatan secara resmi akan dimulai dengan Melaksanakan jalan santai untuk masyarakat umum yang bertempat di sekitar Lapangan Dwi Warna pada tanggal 10 Agustus mendatang.

Sementara berbagai Jenis yang dilombakan antara lain untuk para antar pelajar dan pegawai yaitu lomba olahraga rekreasi tarik tambang, lomba olahraga trompah dan lomba olahraga tradisional Balogo  untuk laki-laki maupun perempuan.

Sedangkan persyaratan untuk peserta lomba adalah khusus yang berdomisili di Kabupaten HST, menggunakan pakaian dan sepatu olahraga, jumlah regu terdiri 8 orang untuk olahraga tarik tambang.

Untuk olahraga terompah dan balogo terdiri 3 orang beregu serta satu SOPD atau satu sekolah atau Instansi boleh mendaftar paling banyak dua regu.

Lomba antar pelajar dijadwalkan pada hari Sabtu 11 Agustus 2018 dan antar Instansi pada hariari Senin 13 Agustus 2018 dan tempat pelaksanaan dipusatkan Lomba di Lapangan Dwi Warna Barabai.

Hadiah untuk masing-masing lomba baik tingkat Pelajar maupun instansi adalah untuk juara pertama Rp 1,5 juta, juara kedua Rp 1 juta dan ketiga Rp 750 ribu. Sedangkan untuk juara keempat adalah Rp 500 ribu.

Diharapkan kepada yang ingin ikut perperan agar segera mendaftarkan regunya ke Disporapar HST di Jalan H Abdul Muis Redhani Barabai atau sebrang kantor Pengadilan Agama Barabai.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018