Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Para Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) 1003-06 Simpur bersama mahaswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin yang bertugas di simpur melaksanakan pelatihan singkat pembuatan pupuk kompos organik.

Komandan Koramil (Danramil) Kapten Inf Haryadi Suprapto, di Kandangan, Senin (23/7), mengatakan kegiatan ini atas perintah Dandim  1003 Kandangan Letnan Kolonel Inf Suhardi Aji Sriwijayanto melalui Koramil 1003-06 Simpur, untuk  melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat binaan.
 
Pembuatan Pupuk Organik (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Koramil 1003-04 laksanakan intruksi Dandim Kandangan dampingi petani

"Pelatihan dilaksanakan bersama dengan Mahasiswa KKN Fakultas Pertanian ULM berupa pelatihan singkat pembuatan pupuk kompos organik, untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan bahan yang ramah lingkungan dan bernilai ekonomis, "katanya.

Dijelaskan dia, pembuatan pupuk organik diharapkan dapat membatasi penggunaan Pestisida, menambah penghasilan masyarakat dan bahan dasar dapat diperoleh secara mudah di sekitar dan menambah wawasan dan keahlian bagi  petani dan masyarakat.
 
Pembuatan Pupuk Organik (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan motivasi 100 petani buat pupuk organik

Adapun bahan pupuk  terdiri dari jerami dan  pokok pohon pisang, lalu dilakukan pencampuran kompos dengan trichoderma sesuai dosis serta serta pengenalan alat Degister milik Dispera KPLH HSS.
 
Kemudian dilakukan fermentasi hasil pencacahan dengan menggunakan EM4 atau penghancur serasah bakteri di campur dengan gula sesuai kebutuhan dengan takaran setiap lima kilogram kurang lebih 10 gram, lalu diaduk aduk dan campur di diamkan selama  tiga  minggu dengan kondisi tertutup rapat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018