Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan bekerjasama dengan Kelompok Tani (Poktan) menyelenggarakan pelatihan pembuatan pupuk organik untuk 100 orang petani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Komandan Kodim (Dandim) 1003 Kandangan, Letkol Infanteri Suhardi Aji S, di Sakijang, mengatakan dengan mengetahui cara pembuatan pupuk para petani nantinya dapat mengurangi biaya produksi dan ini menjadi langkah memotivasi para petani agar makin mandiri.

Baca juga: 70 orang peternak HSS ikuti sosialisasi pembuatan pakan

"Kami berkomitmen untuk mendukungan program ketahanan pangan, meliputi Upaya Khusus (Upsus) dan Serapan Gabah (Sergab), dalam rangka mendukung mempercepat produksi Pajele (Padi, Jagung, Kedelai),"katanya, saat memberikan sambutan di sela kegiatan, bertempat di Desa Sakijang, Kecamatan Sungai Raya beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, tujuan kegiatan ini dalam rangka membangun swasembada pangan, maka para petani yang sudah panen agar segera mengolah lahan dan membuat pupuk organisasi sendiri, dan dengan harapan usaha ini mendukung tercapainya ketahanan pangan daerah sekaligus ketahanan nasional.

Baca juga: Dandim Kandangan jalin keakraban dengan komunitas pewarta

Selain itu, pelatihan ini juga bermanfaat untuk memecahkan masalah yang dihadapi petani, utamanya keterbatasan pupuk untuk tumbuh kembang tanamanan, dengan mengembangkan pupuk organik tentunya menjadikan lahan pertanian yang ramah lingkungan.

Peningkatan pengetahuan petani tentang konsep pemupukan seimbang, nantinya akan juga akan menjadikan para petani akan lebih bijak dalam melakukan pemupukan pada lahan budidaya yang mereka usahakan, hasil pertanian yang berkualitas, dan peningkatakan kesejahteraan petani.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018