Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil meraih penghargaan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan (BNNP Kalsel).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Nixon Manurung kepada Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di sela acara bertajuk "Jalan Sehat bersama Gubernur Kalsel Paman Birin" dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 di Siring 0 Km Banjarmasin, Sabtu (14/7).

Menurut Nixon, ULM diberikan penghargaan sebagai institusi pendidikan yang telah berpartisipasi secara mandiri terkait upaya P4GN.

Apalagi sang Rektor Prof Sutarto Hadi selaku Ketua Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Artipena) Kalimantan Selatan dinilai begitu peduli terhadap generasi muda di lingkungan kampus agar terhindar dari Narkoba.

"Artipena adalah mitra BNN untuk membebaskan perguruan tinggi dari penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Saya sangat apresiasi Rektor ULM dalam upayanya menangkal virus Narkoba di kampusnya," tutur Nixon.
(antarakalsel/foto/firman)
Sementara Sutarto Hadi merasa bersyukur upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan pembentukan Artipena telah mendapatkan apresiasi dari BNN dan pemerintah daerah.

Dia berharap upaya pencegahan Narkoba di kampus bisa terus ditingkatkan, sehingga kampus-kampus di Kalsel khususnya di ULM bisa bebas dari penyalahgunaan Narkoba.

"Contoh upaya yang kita lakukan  adalah dengan mengadakan tes NAPZA sebagai salah satu syarat pendaftaran sebagai mahasiswa baru dan melaksanakan pembinaan secara berkelanjutan bagi mahasiswa di kampus," papar Sutarto.
(antarakalsel/foto/firman)
Acara jalan sehat sendiri berlangsung meriah dengan banyaknya peserta berpartisipasi yang mencapai 5.000 orang. Dimana beragam hadiah menarik diundi hingga hadiah utama berupa sepeda motor.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalsel H Ipansyah mengungkapkan, momen peringatan HANI diharapkan  bisa menggerakkan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan Narkoba untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa Narkoba.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018