Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli membuka secara resmi Book Fair HSS tahun 2018 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusarsip) HSS bertempat di depan gedung MTQ Kandangan.

Kepala Disperpusarsip HSS Tajiddin Noor, di Kandangan, Jum'at (13/7), mengatakan  tujuan kegiatan ini  untuk memasyarakatkan dan meningkatkan  minat budaya baca, mengkampanyekan buku sebagai sumber belajar, dan peran perpustakaan sebagai fasilitas informasi buku untuk masyarakat dengan harga yang terjangkau.

"Kegiatan Book Fair ini sendiri akan kami dilaksanakan selama sepuluh hari sejak dibukanya kegiatan Jum'at (13/7)  dengan tanggal 22 juli 2018, setiap hari dari pukul  09.00 Wita sampai Pukul  22.00  Wita," katanya.

Dijelaskan dia,  untuk peserta Book Fair ini terdiri dari 30 penerbit buku, 27 pelaku usaha kecil menengah (UKM), dan  untuk menambah daya tarik Kegiatan Book Fair 2018 ini di sediakan fasilitas reading Park, juga ada lomba mewarnai tingkat PAUD/TK.
 

Pemotongan pita (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kandangan Book Fair digelar pertengahan bulan Juli 2018

Kemudian lomba bercerita tingkat SD atau sederajat, lomba bakisah bahasa banjar untuk SLTP, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan pihak ketiag yakni, CV Prima Mandiri Perkasa di dukung oleh Bank BRI dan Bank Kalsel Kandangan.

Dahnial Kifli, mengatakan melalui kegiatan ini tentunya diharapkan akan dapat menarik minat masyarakat untuk menyuikai buku dan rajin membaca, menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak dan pelajar di Kabupaten HSS.

Dijelaskan dia, keberadaan peralatan atau gadget canggih sekarang ini akan sangat memudahkan untuk melakukan kegiatan membaca secara online, ada banyak sekali bacaan elektronik tersedia dan dapat dengan mudah diunduh, maka  book fair ini diharapkan akan dapat meminimalisir dampak negatif dari kemajuan teknologi tersebut.

"Yang tidak kalah penting adalah kegiatan ini juga akan dapat menggerakan usaha kecil menengah untuk dapat turut berpartisipasi, event ini pun tentunya akan sangat baik apabila dapat dilaksanakan secara rutin dan berkala dengan skala yang lebih luas lagi, misalnya dengan melibatkan sekolah dan isntansi pemerintah yang terkait," katanya, saat menyampaikan sambutan.
 

Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Disperpusarsip HSS Dampingi Penyusunan Arsip 10 Instansi

Pemotongan pita tanda dibukanya Book Fair ini, dimintakan kepada Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji S  dan dilanjutkan dengan melihat pameran buku yang sudah disiapkan oleh pihak panitia.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi beserta unsur Forkopimda HSS,Sekretaris Daerah  H.M Ideham,  para kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten atau Kota se Kalimantan Selatan, para asisten,staf ahli ,para kepala SKPD, para camat, pimpinan BUMN/BUMD, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018