Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Koramil 1007-03/Banjarmasin Barat memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa baru SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Dimana tujuannya guna menumbuhkan sikap tangkas dan disiplin pada diri siswa.

"Kami bekerja sama dengan pihak sekolah untuk diminta melatih siswa keterampilan baris berbaris agar mereka lebih disiplin," terang Komandan Koramil 1007-03/Banjarmasin Barat Mayor Inf Andi Nasharuddin.

Bertempat di halaman parkir Masjid Al Jihad Jalan Cempaka 1, Kecamatan Banjarmasin Tengah, latihan dipimpin Bati Tuud Koramil 1007-03/Banjarmasin Barat beserta sejumlah anggota.

Materi PBB yang diajarkan diantaranya jalan di tempat, sikap sempurna, aba-aba siap-gerak, lencang kanan atau kiri dan lencang depan hingga hadap dan juga serong kanan dan kiri.

Bahkan siswa juga diberikan latihan tambahan berupa pembentukan beragam formasi pasukan yang cukup rumit dan variasi gerakan yang apik.
(antarakalsel/foto/firman)
Menurut Andi, keterampilan baris berbaris sangat berguna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas dan rasa persatuan, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

"Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Bagi siswa tentu berguna menanamkan sikap ini agar setia kawan dan tidak mudah emosi hingga terjadi keributan dan sebagainya," papar Andi.

Danramil pun berharap dari siswa yang baru menginjak pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) itu, ada yang berminat untuk memperdalam keterampilan PBB, sehingga bisa dibina pihak sekolah lebih lanjut melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018