Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan tambang batu bara Sebuku Grup di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan peduli terhadap masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar lokasi perusahaan dengan membagikan 800 paket sembilan bahan pokok.

Kepala Teknik Tambang Sebuku Grup Johan Gesang di Kotabaru, Rabu mengatakan secara rutin setiap bulan manwejemn Sebuku Grup membagikan paket sembako kepada keluarga kurang mampu yang ada di lima desa binaan di sekitar lokasi perusahaan.

"Pemberian paket sembako kali ini merupakan yang ke tujuh. Meski sampai saat ini perusahaan masih belum berproduksi," katanya.

Selain memberikan paket sembako, manejemen juga memprogramkan kegiatan lain untuk membantu masyarakat kurang mampu, melalui program pendidikan, ekonomi dan kegiatan yang bermanfaat lainnya.

"Semua itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di lima desa binaan yang ada di sekitar lokasi perusahaan," tambah Johan.

Manajer Pengembangan SDM dan Urusan Umum Sebuku Grup Edhi Winarso, menambahkan bantuan sembako ini cukup bermanafaat bagi masyarakat, terlebih akhir-akhir ini terjadi curah hujan tinggi, dimana masyarakat tidak bisa beraktifitas di luar rumah.

"Dengan bantuan paket sembako ini, diharapkan mampu mengurangi beban masyarakat yang sebagian mereka tidak bisa beraktifitas di luar rumah karena tingginya curah hujan," tambah Edi.

Sementara itu, intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini, sebagian areal tanaman pangan terutama padi baik yang siap panen maupun yang baru tanam terendam.

Hal itu menyebabkan petani, di wilayah Kotabaru, khususnya di Kecamatan Pulau Laut Tengah, Pulau Laut Timur merugi jutaan rupiah, disebabkan kualitas gabah yang dipanen turun hingga gagal panen.

Dengan kondisi tersebut, Sebuku Grup gabungan dari PT Sebuku Tanjung Coal/STC, PT Sebuku Coal Terminal/SBC, dan PT Sebuku Sejakah Coal/SSC, hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama keluarga kurang.

Batuan paket sembako yang bernilai sekitar Rp400 ribu per paket tersebut berupa beras, gula psir, minyak gorfen g dan barang kebutuhan pokok yang lainnya.

Kepala Desa Salino Zakaria menuturkan, bantuan perusahaan Sebuku Grup ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Salino yang terdiri dari lebih 400 kepala keluarga, dan lebih 1.000 jiwa.

"Warga kami yang mendapatkan bantuan paket sembako sekitar 163 kepala keluarga. Dan bantuan ini sangat bermafaat bagi warga kami," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018