Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mendatangi  tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tanah Laut  di hari pencoblosan Pilkada serentak 2018 pada Rabu (27/6),

"Situasi aman terkendali dan saat pengecekan di TPS 23 Perumahan Gagas pada Rabu pagi, pemilih yang terdaftar dalam DPT sudah mencoblos kurang lebih 30 persen," kata Rachmat.

Bersama Ketua KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah dan Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan serta turut didampingi Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, Kapolda melakukan monitoring suasana di TPS.
(antarakalsel/foto/firman)
Secara khusus dia mengecek kesiapsiagaan aparat Kepolisian yang berjaga di depan TPS dan petugas dari Linmas yang berada di dalam.

"Aturannya memang seperti itu, polisi hanya berada di luar area TPS, kecuali jika ada gejolak atau diminta penyelenggara baru boleh masuk ke dalam," tuturnya.

Usai berkeliling di sejumlah TPS di Kabupaten Tanah Laut, Kapolda dan rombongan langsung menuju Kabupaten Tapin dan juga Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sementara Edy Ariansyah mengungkapkan, hasil monitoring pemungutan suara di Tanah Laut berjalan lancar. 

"Tidak terdapat kendala. Logistik tersedia dan mulai pemungutan suara sesuai dengan waktu yang ditentukan mulai pukul 07.00 WITA," katanya.
 (antarakalsel/foto/firman)
Kemudian juga proses pemungutan suara disaksikan oleh masing-masing saksi pasangan calon, dan diawasi oleh pengawas TPS serta dijaga oleh satu orang personil polisi dan 2 PAM TPS.

"Kita bersinergi dengan Bawaslu, Kepolisian, TNI, pemerintah, media massa, dan lain-lain untuk menyukseskan Pilkada yang kondusif, aman, damai. Terutama dengan sesama penyelenggara pemilihan untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada demokratis menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil alias luber dan jurdil," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018