Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tercatat 4.187 pengunjung memenuhi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Banjarmasin saat dibukanya waktu kunjungan Lebaran pada Sabtu pagi.

"Pengunjung pada hari pertama kunjungan pasca Lebaran ini memang sangat banyak hingga harus antri panjang untuk masuk," terang Kepala Lapas Klas IIA Banjarmasin Rudi Charles Giil, Sabtu.

Menurut Rudi, pihaknya membuka kunjungan pada momen Lebaran Idul Fitri tahun ini pada Sabtu (16/6) hingga Selasa (19/6). Adapun jadwalnya untum pagi dari pukul 08.30 WITA hingga 12.00 WITA dan siang pukul 13.30 WITA sampai 15.30 WITA.

Meski membludaknya kunjungan pihak keluarga, ungkap Rudi, namun tak lantas membuat petugas lengah. Penjagaan dan pemeriksaan tetap dilakukan sangat ketat.

"Bahkan kami punya mesin X-Ray dan metal detector untuk mendeteksi benda-benda tertentu yang tak terlihat dari pengecekan manual," jelasnya.
(antarakalsel/foto/firman)
Untuk itu, Rudi menegaskan kepada pengunjung agar tidak coba-coba menyelundupkan barang terlarang masuk dalam Lapas jika tak ingin menyusul dipidana penjara.

Layanan kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah bertujuan memberikan kesempatan kepada warga untuk bersilaturahmi dengan saudara, keluarga maupun kerabat yang saat ini sedang menjalani pidana di Lapas Banjarmasin.

Tentunya para petugas pun harus bekerja ekstra dengan memberikan keamanan dan kenyamanan saat jam layanan kunjungan, mengingat jumlah kapasitas seharusnya di Lapas Banjarmasin 366 orang sekarang dihuni sebanyak 2.718 per tanggal 13 Juni, sehingga mengalami overkapsitas kurang lebih 743 %.

Sebanyak 42 narapidana yang mendekam di berbagai Lapas di Kalimantan Selatan menghirup udara bebas di hari Lebaran tahun ini setelah mendapat remisi Lebaran Idul Fitri.

Adapun total narapidana di Kalsel yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri tahun 2018 ada 4.925 orang, dengan rincian 3.380 orang Kasus Tindak Pidana Umum (TPU) dan 1.545 orang Kasus Tindak Pidana Khusus (TPK).

Termasuk 4 narapidana koruptor yang mendapatkan remisi yaitu pada Lapas Kelas IIA Banjarmasin 1 orang, Lapas Kelas IIB Amuntai 1 orang, Lapas Kelas III Tanjung 1 orang dan Lapas Kelas III Banjarbaru 1 orang.

Pewarta: Firman

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018