Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS) akan mencegah penggunaan kendaraan dengan bak terbuka, yang menuju Kecamatan Loksado, dengan juga tujuan menciptakan suasana tertib, aman,  lancar dan demi keselamatan pengguna jalan.

Kasatlantas Polres HSS AKP Dana Setyana, di Kandangan, Rabu (13/6), mengatakan pencegahan merupakan bentuk antisipasi dari kecelakaan dilakukan satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah atau H+1, karena saat itu merupakan puncaknya kunjungan dari ribuan warga yang ingin berwisata ke Loksado dengan beragam jenis kendaraan.

Baca juga: Satlantas Polres HSS Bagikan Takjil Gratis
 
Pemasangan spanduk himbauan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

"Pencegahan kendaraan bak terbuka ini juga untuk kepentingan dan keselamatan pengguna jalan sendiri, medan yang penuh tanjakan menuju Loksado, penggunaan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas," katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Dijelaskan dia, hingga saat ini berdasarkan pantauan untuk arus mudik masih berlangsung normal, baik dari sisi jumlah pengguna jalan belum menunjukan peningkatan signifikan, kecepatan dan waktu tempuh masih seperti hari biasa, dan pihak dia telah mengintensifkan patroli tiap malam  termasuk dari unit Lakalantas.

Polres HSS memiliki tiga pos, antara lain yang berada di dekat MTQ, Kandangan, di Angkingan dan di Loksado,  dan untuk antisipasi kemacetan antara lain di Taniran, Angkinang di H+2 nantinya pengamanan jalur akan ditambah, karena dipastikan peningkatkan kunjungan warga ke Makam Datu Taniran.
 
Pemasangan spanduk himbauan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Begitupun, diH+2, H+3 kemacetan karena penumpukan kendaraan diprediksi kembali terjadi di seputaran rumah makan yang ada di Angkinang, banyak warga yang biasanya beristirahat dan makan di rumah makan sehingga diperlukan pengaturan untuk menghindari kemacetan panjang.

"Alhamdulilalh untuk korban kecelakaan hingga hari ini nihil, dan kami juga terus menghimbau agar para pengguna jalan senantiasa berhati-hati dan mematuhi peraturan berlalu berlintas termasuk dengan himbauan melalui spanduk yang kita pasang," katanya.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018