Kandangan, (Antaranews Kalsel)-Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Ideham membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dalam rangkap Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), bertempat di Aula Mandapai, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) HSS.

Kepala Bapelitbangda HSS, Iwan Friady, di Kandangan, Kamis (7/6), mengatakan sosialisasi ini dilakukan karena adanya kekurang fahaman tentang manfaat dan pentingnya pengarusutamaan gender, dan Karena istilah "Gender" sering disalah artikan sebagai istilah yang hanya merujuk pada perempuan saja.

"Pengarusutamaan gender ini bertujuan untuk memastikan apakah perempuan dan laki-laki memperoleh akses yang sama pada sumberdaya pembangunan, partisipasi yang sama dalam proses pembangunan dan proses-proses pengambilan keputusan serta memperoleh manfaat yang sama dalam pembangunan,"katanya.

Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Rakor Percepat Capaian Indikator Kinerja

Menurut dia, kegiatan ini penting untuk menyamakan persepsi tentang gender, dan lebih mempercepat penguatan kelembagaan PUG yang ada di  Kabupaten HSS.

Sekda HSS, HM Ideham, mengatakan berterimakasih kepada Asisten Deputi Kesetaraan Gender bidang insfrastruktur dan lingkungan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Ratna Susianawati, karena berkenan hadir sebagai narasumber untuk memberikan pemaparan.

Ia mengharapkan, diadakannya kegiatan ini  dapat memastikan agar perempuan dan laki-laki memperoleh kesamaan, dapat berpartisipasi serta mempunyai kontrol dan memperoleh manfaat yang sama dalam pembangunan.

"Keadilan dan kesetaraan gender sebagai salah satu cita-cita dan arah pembangunan nasional, hanya dapat terwujud jika masyarakat khususnya aparat negara memiliki kesadaran, kepekaan dan respon serta motivasi yang kuat dalam mendukung terwujudnya keadilan dan kesetaraan,"katanya, saat memberikan sambutan.

Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Musrenbang Kabupaten HSS Prioritaskan Pembangunan Pelayanan Dasar

Narasumber kegiatan, Ratna Susianawati, mengatakan untuk mencapai percepatan pengarusutamaan gender harus dan sangat diperlukan komitmen yang kuat dari semua pihak dalam mewujudkannya..

Menurut dia, pengarusutamaan gender adalah bagaimana agar meningkatkan kualitas hidup manusia, jadi ini adalah menjadi tugas bersama sehingga diperlukan sinergisitas, kemitraan, partnership, ide-ide kreatif dan juga inovasi bersama untuk mencapainya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018