Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Dinas Perdagangan HSS kembali menggelar pasar murah di Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, Kabupaten HSS.

Sekretaris TP PKK Kabupaten HSS, Hj Murjiah, di Kapuh, mengatakan pasar murah yang digelar di Kapuh, merupakan pasar murah yang terakhir digelar di Bulan Ramadan 1439 Hijriah oleh TP PKK Kabupaten HSS.

"Selain menjual paket sembako dengan harga murah dibandingkan harga pasar,  dalam pasar murah Ramadan tersebut juga dijual pakaian layak pakai dengan harga yang sangat murah,"katanya, disela kegiatan pasar murah, Senin (5/5).

Baca juga: Pemkah HSS Gelar Pasar Murah Di 15 Titik

Dijelaskan dia, sebagian besar dari pakaian tersebut bahkan hanya diberikan secara cuma-cuma kepada warga Desa Kapuh yang memerlukan, pasar murah Ramadan tahun ini merupakan kerjasama TP PKK dengan Bank Kalsel, BPD Syariah, BRI Cabang Kandangan, dan PT Antang Gunung Meratus.

PKK menjual 80 paket sembako bersubsidi, yang tiap paketnya berisi minyak goreng, gula, limun, susu kaleng dan tepung terigu, berdasarkan hHarga pasarnya lima puluh ribu, tapi PKK menjualnya hanya tiga puluh ribu dengan subsidi sebesar dua puluh ribu untuk masing-masing paket.

Kepala Bidang Bina Perdagangan Daerah, Dinas Perdagangan HSS, M Afif Bizri, mengatakan  sembako yang dijual oleh Dinas Perdagangan, disebar di lima belas titik di Kabupaten HSS.

Baca juga: Operasi pasar HSS sasar warga kurang mampu

Setiap titik ada 100 warga kurang beruntung yang diberikan subsidi untuk membeli lima barang, satu barang subsidinya dua ribu rupiah, kalau harga distributor untuk satu kilogram gula dijual sebelas ribu rupiah, tapi kalau memakai kupon bersubsidi, maka satu kilogram gula hanya sembilan ribu.

"Desa Kapuh merupakan titik ke dua belas tempat digelarnya pasar murah dari Dinas Perdagangan, dan menurut rencana pasar murah Dinas Perdagangan terakhir akan digelar di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk sistem pembeliannya, hampir sama dengan pembelian paket pasar murah PKK, yaitu warga menyerahkan uang sejumlah harga yang telah ditentukan untuk satu kupon.

Baca juga: TP PKK Hulu Sungai Selatan Gelar Pasar Murah

Kupon tersebut nantinya ditukarkan dengan paket sembako, untuk paket sembako dari TP PKK, semua isinya sama, dan untuk Pasar Murah dari Dinas Perdagangan, masyarakat dibebaskan memilih dan membeli lima barang, sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018