Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan HSS menggelar pasar murah di 15 titik, di seluruh kecamatan yang ada di HSS.

Pasar murah ini bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten HSS.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, HM Sufiani, di Kandangan, Rabu (23/5), mengatakan pasar murah dengan Baznas HSS  antaralain, bertempat di Desa Wawaran, Kecamatan Angkinang, menyediakan kebutuhan pokok warga, seperi beras, gula pasir, minyak goreng, tepung, kopi, teh, susu dan mie instan.

"Operasi pasar murah ini pada setiap titik wilayah dibagikan 100 kupon, yang diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu (miskin), setiap kupon itu diberi subsidi untuk lima bahan pokok," katanya.

Baca juga: Operasi pasar HSS sasar warga kurang mampu

Dijelaskan dia, subsidi untuk pembelian berupa pemotongan Rp2 ribu rupiah, jadi satu orang maksimal membeli lima bahan pokok yang mendapat subsidi, dengan jumlah keseluruhan subsidi setiap orang sebesar Rp10 ribu.

Adapun bagi masyarakat yang tidak mendapatkan kupon, juga bisa membeli bahan pokok dengan harga distributor lebih murah daripada harga pasar, tapi tentu tidak bersubsidi.

Baca juga: TP PKK Hulu Sungai Selatan Gelar Pasar Murah

Ditambahkan dia, untuk pasar murah di HSS ini pihaknya menjalin kerja sama pula dengan pihak perbankan, perusahaan, amil zakat untuk pensubsidian harga barang tersebut, begitupun dengan Bulog Barabai, Baznas HSS, dan perusahaan distributor barang lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018