Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila, bertindak sebagai Inspektur Ucapara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSS, H Ardiansyah, bertempat di halaman Sekretariat Dearah (Setda) Pemkab HSS.

Ardiansyah di Kandangan, Senin (4/6), mengatakan Pancasila sebagai berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia, melalui perenungan. pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para pendiri bangsa.

"Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,"katanya, saat menyampaikan Pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca juga: Pemkab HSS Peringati Hari Lahir Pancasila

Dijelaskan dia, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan, dan Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu diingat, didalami semangatnya dan dipahami rohnyam serta adalah tugas dan tanggung jawab bersama sebagai bangsa untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi., dan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi,"katanya.

Ia menghimbau, terkait dengan masa kampanye ini agar dijaga kedamaian, keamanan, jangan sampai pilkada merusak tali persaudaraan, kesatuan dan persatuan menjadi buruk atau luntur, karena proses pilkada ini adalah proses yang sudah biasa dilakukan setiap lima tahun sekali.

Baca juga: Awal Ramadhan Pemkab HSS Gelar Apel Hari Kesadaran

Diakhir kegiatan, dilakukan kegiatan pemberian hadiah penghargaan kepada pelajar yang berprestasi dan dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan komitmen menolak gratifikasi dalam rangka mendukung upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Pemkab HSS.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebelumnya diawali dengan tausiah agama dari Ustad  H.Syihabudin, dari Gambah Dalam, Kecamatan Kandangan, dan dihadiri  Sekretaris Daerah (Sekda) HSS .H.M.Ideham, para asisten, para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) HSS dan seluruh peserta upacara peringatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018