Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan, H. Ardiansyah, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 bertempat di Halaman Kantor Bupati HSS, Senin (5/6).

Wakil Bupati membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyatakan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Menurutnya, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. 

"Pancasila adalah jiwa besar para pendiri bangsa, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,"katanya.

Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. 

Melalui Ideologi Pancasila  lndonesia menjadi harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.

Dirinya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Berbagai upaya terus dilakukan seperti telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan ldeologi Pancasila, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila.

Penguatannya baik dalam kehidupan sehari-hari, terintegrasi dengan program-program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila. 

"Selamat Hari Lahir Pancasila, Semua Anda lndonesia, Semua Anda Pancasila, Saya lndonesia, Saya Pancasila," katanya.

Seuai peringatan  juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 dari Manteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi oleh Sekda HSS H. Ideham kepada Pemkab HSS.

Dua piagam penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 tersebut diserahkan Wakil Bupati untuk piagam penghargaan Inovasi Pro Master Go Sehati diserahkan kepada Kepala Dinas Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hj.ST.Erma, dan Inovasi Telat Berkemas yang diserahkan kepada Kepala Dinas Perikanan H.Saidinoor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017