Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) -  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 3 Juni sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia.


Kesepakatan hasil pertemuan rutin Majelis Umum PBB pada 12 April 2018 tersebut telah diadopsi oleh 193 negara anggota.

Mendukung gerakan tersebut, pagi Minggu (3/6) komunitas sepeda di Banjarmasin mengadakan parade bersepeda keliling kota menyusuri jalan jalan yang sudah menyediakan jalur khusus lintasan sepeda. 

Parade diikuti wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, bersama tuan guru Ustadz Mubaraq dan lebih dari 100 anggota komunitas sepeda setelah acara Sahur On The River dan Sholat Subuh di RTH Taman Maskot Bekantan Jalan P. Tendean. 

Parade sepeda dilanjutkan dengan bakti sosial ke Panti Asuhan Al Ashr dikawasan Kayutangi menyerahkan hasil infaq/sadaqah dari peserta yang terkumpul secara spontan beberapa saat sebelum keberangkatan.

Aksi sosial ini untuk  memberi makna ikhlas berbagi, menambah nilai ibadah puasa dibulan Ramadan.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyambut hangat kegiatan ini dan mendorong warga untuk memanfaatkan sepeda agar lingkungan kota bisa lebih sehat dan cita cita menjadikan Banjarmasin "Kota Hijau" yang ramah lingkungan bisa terwujud.

Sejalan dengan sambutan walikota, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalsel yang menggagas even ini menyampaikan bahwa pesepeda adalah komunitas hijau yang juga mendukung terwujudnya "Kota Hijau" karena bersepeda adalah sarana transportasi yang murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Selain itu bersepeda bersama juga bisa menjadi sarana penguat jalinan silaturrahmi antar warga.

Salah satu anggota KSP, bapak H. Isra Ismail yang tampil trendy lengkap dengan dasi kenangan dari negeri kangguru ala Bike 2 Work membagikan cerita pengalaman menikmati bersepeda di kota Amsterdam beberapa tahun yang lalu dan mengimpikan kondisi yang pada suatu hari di banua banjar.

Parade ini diikuti oleh Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (SABAN), Komunitas Sepeda Pensiunan (KSP), komunitas MTB Srikandi, komunitas sepeda lipat, juga komunitas sepeda pixie, dan lain lain. "salam satu sepeda sejuta saudara."

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018