Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan tambang batu bara Grup Sebuku menyambut Ramadhan 1439 Hijriah membagikan 800 paket sembilan bahan pokok (Sembako) kepada masyarakat di lima desa binaan di Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Manajer Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) Group, Johan, Kamis mengatakan, pemberian paket sembako kali ini adalah yang keenam kalinya, dan mudah-mudahan ini akan terus berlanjut.

"Selain pemberian paket sembako, manajemen juga memberikan program lain kepada masyarakat melalui program Community Social Responsibility (CSR)," katanya.

Terpisah, Manajer Pengembangan SDM dan Urusan Umum Grup Sebuku Edhi Winarso, menambahkan bantuan berupa sembako ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat di lingkungan perusahaan.

Meskipun perusahaan tambang batu bara ini belum ada kegiatan eksploitasi, memberikan sembako kepada masyarakat di lima desa binaan tetap dilakukan untuk memupuk kebersamaan dan silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Selain membagikan sembako secara rutin setiap bulan, Grup Sebuku juga masih memiliki banyak program tanggung jawab sosial perusahaan di sektor pendidikan, sosial, kesehatan dan yang lainnya.

Dikatakan, bantuan sembako gratis yang dibagikan kepada masyarakat tersebut terdiri beras, gula pasir, minyak goreng, kopi, gula dan teh, diperkirakan mencapai Rp400 000 per paket.

Warga RT 8, Desa Pantai Baru, Purwanti mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran Sebuku Group, karena peduli terhadap masyarakat, khususnya keluarganya.

"Alhamdulillah, sudah enam kali ini kami menerima bantuan paket sembako dari perusahaan. Sejak adanya perusahaan ini peduli masyarakat seperti kami ini, beban kami mulai berkurang," tuturnya.

Purwanti yang mengaku memiliki lima anggota keluarga itu mengaku sembako yang diterima cukup untuk 15 hari atau setengah bulan.

"Syukur banget Pak sembako ini cukup untuk setengah bulan, bantuan ini sangat berarti bagi keluarga kami," tambah dia.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Suhartini yang memiliki empat anggota keluarga itu.

Suhartini yang juga warga RT 8 itu mengucapkan terima kasi kepada perusahaan yang sudah peduli dengan keluarganya, dan masyarakat lemah di desanya.

Ia bersama keluarga yang kurang mampu lainya berharap,m masih ada program-program perusahaan yang bisa mengangkat derajat hidup mereka menjadi lebih baik.

Sementara itu, lima desa binaan perusahaan Sebuku Group (PT Sebuku Tanjung Coal/STC, PT Sebuku Coal Terminal/SBC, dan PT Sebuku Sejakah Coal/SSC), adalah Desa Pantai Baru, Sungup, Selaru, Mekarpura, dan Salino.
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018