Pangkalan TNI Angkatan Laut, bersama Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar lomba balapan perahu motor dalam rangka meningkatkan profesional pelayaran bagi nelayan lokal untuk membantu operasi tim Search And Rescue (SAR) pada saat terjadi musibah.

Wakil Bupati Kotabaru Rudy Suryana, Senin, mengatakan, selain menjadi ajang mempertunnjukkan keterampilan dan mengemudikan perahu, lomba balapan perahu motor ini juga untuk mempersatukan masyarakat, khususnya nelayan dan bukan nelayan.

"Terlebih sebagian besar wilayah Kabupaten Kotabaru adalah Laut, maka dari itu lomba ini mempunyai sifat mempersatukan," ujarnya.

Olahraga balap perahu ini juga, lanjut Rudy, sarana untuk membantu operasi SAR apabila sewaktu�waktu ada kecelakaan di laut.

Panitia lomba perahu motor Wahyu Risandi, menambahkan, lomba perahu motor ini juga merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kotabaru yang ke�62.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh persaudaraan Pemuda Rampa Kotabaru, Kosgoro dan Lanal Kotabaru dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Lomba balapan perahu motor yang dilaksanakan selama dua hari, 19-20 Mei diikuti oleh 33 peserta dari beberapa kelompok nelayan di Kotabaru.

Dia menambahkan, lomba balapan perahu motor tersebut menempuh jarak sekitar tiga mil laut, dengan start Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) dan finish di Siring Laut Kotabaru.

Kegiatan tersebut juga didukung Ketua DPRD Kota Baru Bpk H. Alpidri Supian Noor, ST, Kadis Kelautan dan Perikanan Kotabaru Ir Talib MAP, Palaksa Lanal Kotabaru Mayor Laut (P) Djawara H.T Whimbo dan segenap masyarakat Kotabaru.C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012