Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengharapkan, pemanfaatan sumber daya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di provinsinya secara bijaksana.

Harapan orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut pada rapat paripurna DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin wakil ketuanya H Muhaimin di Banjarmasin, Kamis

Rapat paripurna DPRD Kalsel tersebut dengan agenda antara lain pengesahan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil tahun 2018 - 2038 di provinsi tersebut menjadi peraturan daerah (Perda) setempat.

Paman Birin (panggilan akrab lain terhadap Sahbirin) juga berharap, dengan Perda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) itu nanti akan terwujud keharmonisan ruang laut dan ruang darat di Kalsel.

Selain itu, dengan adanya aturan yang jelas dan tegas, tutur dia, semua pihak, terutama pemerintah daerah mendapatkan kepastian mengenai pengaturan ruang laut di wilayah pesisir serta pulau-pulau kecil.

"Dengan keberadaan perda itu pula, penerbitan izin dan pemanfaatan sumber daya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini akan dapat dilaksanakan secara bijaksana," tegasnya.

Begitu pula dengan pengaturan yang jelas akan dapat mencegah dan mengatasi konflik pemanfaat sumber daya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di Kalsel, demikian Paman Birin.

Sebelumnya Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang RZWP3K tersebut yang diketuai Suwardi Sarlan SAg berharap, Perda itu nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di sekitar.

Selain itu, melindungi nelayan-nelayan tradisonal, serta menambah pendapatan bagi pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov setempat terkait dengan perizinan.

Pasalnya, menurut Pansus tersebut, kalau RZWP3K belum diperdakan, maka dipastikan tidak ada satupun izin baru diterbirkan stakeholder, yang tentunya tidak sesuai dengan semangat memberikan ruang investasi pada sektor kelautan dan perikanan.

Pendapat Pansus yang dibacakan wakil ketuanya Ilham Nor ST Juga berharap RZWP3K tersebut sesuai dengan kepentingan masing-masing, dan bagaimana lingkungan tidak terganggu, serta bertambahnya investasi-investasi lain yang bisa berkembang dengan baik.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018