Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 70 orang peternak ayam dan sapi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti sosialisasi pembuatan pakan ternak yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan bekerja sama dengan Kelompok Tani (Poktan).

Komandan Kodim (Dandim) 1003 Kandangan, Letkol Infanteri Suhardi Aji S, di Sungai Raya, mengatakan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka menuju kedaulatan pangan yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

"Di samping bidang pertanian maka  di bidang yang lain juga harus bisa mengimbangi,  khususnya masalah ketersediaan daging baik daging sapi maupun daging ayam, untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak di wilayah HSS,"katanya.

Baca juga: Dandim Kandangan sosialisasikan peta jarak jaring teritorial

Dijelaskan dia, melalui sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan para peternak bisa membuat pakan secara mandiri, dengan bisa menekan biaya produksi serta bisa menekan melonjaknya harga daging di pasaran apalagi saat ini sudah menjelang bulan suci Ramadhan 

Begitupun, setelah kegiatan ini dilaksanakan, para peternak ayam dan sapi agar bisa menerapkan apa yang telah disampaikan oleh pemateri, sehingga kedaulatan pangan bisa benar-benar terwujud.

Baca juga: Video - Petani diharapkan jual hasil panen ke Bulog

Kegiatan sosialisasi dan materi pembuatan pakan ternak ini, bertempat di Desa Sakijang, Kecamatan Sungai Raya, diikuti secara antusias para peternak karena pengetahuan diperoleh nantinya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan usaha mereka.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018