Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Serapan Gabah (Sergab) petani di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Tim Sergab Mabes TNI.

Dandim 1003 Kandangan,  Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, di Kandangan, Jum'at (27/4), mengatakan  dalam rakor tersebut para kelompok tani diharapkan untuk menjual hasil panen ke Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Rakor bertujuan agar memaksimalkan serapan gabah di wilayah HSS, dengan demikian masyarakat HSS akan lebih sejahtera, tanpa tergantung pada beras impor,"katanya.

Baca juga: Dandim Kandangan bantu korban kebakaran Tumbukan Banyu

Ketua Tim Sergab Mabes Kolonel Inf Benny, mengatakan ketersediaan pangan oleh Bulog diperlukan dalam menjaga cadangan pangan nasional, apalagi dalam situasi bencana ataupun kelangkaan pangan.
 
Rakor Serapan Gabah (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Menurut dia, cadangan pangan juga untuk didistribusikan untuk masyarakat pra sejahtera, yang dulunya menebus sekarang dibagikan secara gratis kepada masyarakat melalui Bulog.

"Maka Bulog harus memiliki cadangan pangan yang cukup, dan salah satu langkah memenuhi para petani di masing-masing wilayah harus menjual hasil panennya kepada Bulog,"katanya.

Baca juga: Ribuan Warga Nonbar Film G30S/PKI di Kandangan

Dijelaskan dia, pihak dia mendapat tugas dari pemerintah pusat, untuk turun ke daerah-daerah di Indonesia memastikan dan mensosialisasikan tujuan Pemerintah pusat, dalam hal ketahanan pangan dan swasembada pangan di daerah. 
 
Rakor Serapan Gabah (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Turut hadir, Kepala Dinas Pertanian HSS Fathurrahman, kasubag Bulog Provinsi Kalsel,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS H Ruhaimi Alman  dan para ketua Gabungan Kelompok Tani se Kabupaten HSS.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018