Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, ditandai berbagai penyerahan, di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (14/5).


Penyerahan yang dilakukan itu berupa,  pemberian tali asih kepada para legiun veteran dan janda veteran oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

Selain itu, diisi penyerahan secara simbolis zakat infaq kepada mustahiq, penyerahan sembako kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan penyerahan penghargaan serta hadiah kepada pilar-pilar sosial, para karang taruna, pesantren, panti asuhan, pelajar SD, SLTP, dan SLTA, mahasiswa dan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalsel dibacakan Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor mengatakan, Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sebuah pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel benar-benar ada.

Divisi ini, menurut dia,  mempunyai kekuatan serta mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah Republik Indonesia.

“Walaupun secara de facto saat itu Kalimantan berada di bawah penjajahan Belanda,” ujarnya.

Peringatan HUT ke-69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, katanya dia, tidak hanya menjadi momentum mengenang perjuangan pahlawan, namun harus menjadi wahana introspeksi dan perenungan untuk melanjutkan perjuangan yang telah dirintis para pendahulu.

“Setiap memperingati hari bersejarah ini, kita semua harus dapat meneladani semangat perjuangan dan kegigihan dari pendahulu dalam mempertahankan NKRI,” katanya.

Peneladanan tersebut, sebut dia,  diwujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat dengan bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, untuk bergerak, berjuang menggelorakan rakyat menjadikan Kalsel sebagai daerah yang sejahtera, berkeadilan, mandiri dan terdepan.

Dalam kesempatan upacara ini pula, Wabup Rahmadian Noor menyampaikan selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah kepada ASN yang beragama Islam.

Atas nama pribadi dan keluarga Rahmadi menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin serta berharap agar sama-sama diberikan taufiq, hidayah, serta kekuatan agar selalu istiqamah dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Acara tersebut dihadiri Bupati Hj Noormiliyani AS, Forkopimda, Sekda, organisasi wanita, pejabat eselon II, III, IV, para pelaksana, TNI, Polri, dan pelajar SD, SLTP, serta SLTA.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018