Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Ketua Yayasan Sapta Bangun Persada. Slametno, pencetus ide Program Balangan Kompeten, mengatakan tujuan program ini dalam rangka  meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Balangan melalui kursus, pelatihan dan sertifikasi profesi.

Menurut dia, Balangan kompeten akan menjadi pusat kursus, pelatihan kerja dan sertifkasi dari program kementerian, Corporate Social Responsibility (CSR) dari  Dunia Usaha dan Industri (DUDI), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), serta dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Nasonal (APBN) dan daerah.

Baca juga: 20 Ahli Network Uji Kompetensi

"Balangan kompeten akan menjadi pusat data masyarakat yang telah mengikuti Kursus, pelatihan kerja dan sertifikasi sesuai dengan jenis jenis kursus, pelatihan kerja dan sertifikat yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri saat ini,"katanya, saat dihubungi melalui telepon genggamnya.
Program Balangan Kompeten (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Dijelaskan dia, nantinya pusat data di balangan kompeten, juga akan menjadi acuan penyaluran kerja bagi dunia usaha dan industri yang membutuhkan SDM yang berkualitas dan tersertifikasi profesinya.

Selain itu, melalui program ini diharapkan SDM Kabupaten Balangan mampu mengisi peluang kerja pada dunia usaha dan industri, yang beroperasional di kabupaten balangan dan sekitarnya serta berwirausaha sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Baca juga: STKOM Sapta Komputer Balangan Lucurkan Career Centre

"Terobosan ini tentunya akan mengangkat dan memberdayakan potensi tenaga kerja lokal, diiringi upaya berkelanjutan dan sistematis dengan membina kemitraan strategis dengan dunia usaha dan industri setempat,"katanya, yang juga menjabat Direktur Stikom Sapta Komputer Balangan.
 
Program Balangan Kompeten (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Program ini mendapatkan dukungan penuh dari  Dewan Pengurus Wilayah (DPW)  Himpunan Pimpinan Pendidik Pelatihan Dan Kewirausahaan Indonesia (HP3KI) Kalimantan Selatan (Kalsel), Dewan Pengurus Daerah (DPD)  Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) Kalsel dan DPD Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kalsel.

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018