Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Ardiansyah gembira dan mengapresiasi inovasi olahan pupuk organik dari warga Telaga Langsat (Tegal), Jarkasi  yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ia mengatakan, apa yang telah dilakukan Jarkasi bermanfaat untuk pengembangan pertanian dan perkebunan, khususnya di HSS dan juga mengharumkan mengharumkan nama Hulu Sungai Selatan, baik itu di tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai ke tingkat Nasional.

"Jarkasi telah menjadi juara satu  lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten HSS, sekaligus juara satu Provinsi Kalsel yang dilaksanakan pada 25 April 2018 kemaren di aula BLK Banjarbaru,"katanya, saat menerima Jarkasi di ruang kerjanya.

Baca juga: HSS Gelar Bursa Inovasi Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kamidi, mengatakan dalam lomba TTG tersebut, Jarkasi menampilkan pengolahan pupuk organik, yang mana pengolahan pupuk yang dilakukan Jarkasi menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh.

"Bahan yang digunakan antara lain, nasi, akar bambu kecil, rebung, gula aren, air cucian beras dan air kelapa,"katanya.

Baca juga: HSS terapkan Siskeudes berbasis online

Dijelaskan dia, dengan berhasilnya meraih juara satu  lomba TTG tingkat Kabupaten dan Provinsi, untuk selanjutnya Jarkasi akan mengikuti lomba TTG tingkat Nasional yang rencananya akan diselenggarakan di Bali.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018